Sekolah Alam Bosowa Bersama APSI Sulsel Gelar Seminar Psikologi Belajar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Sekolah Alam Bosowa bekerja sama dengan Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Sulawesi Selatan adakan Seminar Psikologi Belajar dengan mengangkat tema “Mempersiapkan Anak Siap Belajar di Sekolah Dasar”, Sabtu, 18 Maret 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Alam Bosowa ini mengundang seluruh orang tua siswa Playgroup dan TK Sekolah Alam Bosowa untuk berbagi informasi dalam penguatan sinergi antara sekolah dan orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Seminar psikologi ini dibawakan oleh Titin Florentina, M.Psi., Psikolog yang berbagi informasi apa yang orang tua perlu persiapkan untuk anak melanjutkan ke sekolah dasar.

“Sekolah dasar sebagai pendidikan formal pertama bagi anak, maka kita sebagai orang tua perlu memperhatikan kesiapan anak terutama kondisi psikologis yang terjadi,” ujar Titin.

Terdapat beberapa indikator kesiapan anak masuk sekolah dasar, yaitu kesiapan fisik, intelektual, emosi, dan sosial yang mempengaruhi kemampuan belajar anak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Peralihan proses belajar anak dari TK melanjutkan ke SD, terdapat tuntutan perubahan kondisi mulai penyesuaian aturan baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

“Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat penting dalam tumbuh kembang anak yang dapat mempengaruhi karakter, prestasi, perilaku, budaya, dan usia,” ungkap Titin.

Harapannya melalui seminar psikolog ini semakin menguatkan peran orang dalam mempersiapkan anak sesuai tahap perkembangan anak untuk memiliki kematangan dan kesiapan tidak hanya dari aspek intelektual tetapi juga aspek emosi, sosial, serta kamandirian dan disiplin saat anak memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar.

Comment