Astronot Inggis Berhasil Lari Maraton di Luar Angkasa

MEDIAWARTA.COM, LONDON – Astronot asal Inggris, Tim Peake telah menyelesaikan lomba lari maraton, London Marathon dari ketinggian 250 mil atau sekitar 400 kilometer dari atas permukaan bumi.

Seperti dikutip dari Today, gelaran lari maraton ini dianggap unik karena salah seorang pesertanya diikuti seorang astronot yang berlari di luar angkasa yang hampa gravitasi.

Dalam aksinya, Peake berlari sejauh 26,2 mil atau sekitar 42 kilometer di atas peranti olahraga treadmill milik Stasiun Luar Angkasa Internasional, dengan simulasi rute melalui jalan-jalan London yang dimainkannya di iPad.

Ia selesai dalam waktu tiga jam 35 menit. Guinness World Records mencatat, itu adalah rekor maraton tercepat di luar orbit bumi yang jauh dari gravitasi. Sebelumnya, rekor tercepat berlari di luar angkasa ditorehkan astronot Amerika Serikat (AS), Sunita Williams pada 2007 lalu. Ia berlari untuk simulasi Boston Marathon yang ditempuhnya empat jam lebih 24 menit.

Peake, yang sudah enam bulan tinggal di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, mengirimkan pesan lewat video terkait aksinya sebelum perlombaan lari masal dimulai Minggu (24/4/2016). Astronot berusia 44 tahun tersebut, merupakan satu dari 39 ribu orang yang turut berlari dalam London Marathon di bumi.

Anita/Foto: European Space Agency (Today)

 

Komentar

Check Also

MCC GOWES DI HARI KEMERDEKAAN RI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam memaknai hari kemerdekaan RI ke 75, 75 orang anggota Makassar cycling …

Share This
Mediawarta