Ada Rambu “Jangan Menunduk” di Seoul

MEDIAWARTA.COM, SEOUL – Anda pernah melihat rambu tanda “Dilarang Melintas”, atau rambu “Dilarang Berbelok”. Semua rambu tersebut sudah biasa didapati dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana dengan rambu yang menandakan “Jangan Menunduk”. Rambu ini dapat ditemukan di sejumlah titik di ibu kota Korea Selatan (Korsel), Seoul.

Rambu ini berarti melarang pejalan kaki menunduk menatap smartphone mereka dan berakhir membahayakan diri. Pasalnya, berdasarkan data, jumlah kecelakaan akibat menatap smartphone di Seoul mencapai angka 1.000 kasus sejak 2014 lalu.

Kampanye rambu ini secara resmi diluncurkan di Seoul pada Rabu (22/6/2016). Diletakkan di sejumlah jalan yang sibuk di ibu kota Negeri Ginseng tersebut.

“Untuk sementara, kami sebar 300 rambu ini di sejumlah jalan terpadat. Kriteria lain, jalan yang dituju dipenuhi pengguna ponsel umur 30 ke bawah,” jelas penanggung jawab proyek, Kim Ooc-Kyeong, seperti dikutip dari Today.

Menurutnya, kalangan masyarakat umur 30 ke bawah ini sangat rentan menjadi korban, mengingat mereka adalah generasi yang gemar menggunakan pesan tertulis.

Haykel Iswandi/Foto: Dok Today

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta