Danlantamal VI Hadiri World Water Day Sulsel 2016

MEDIAWARTA.COM, MAROS – Komandan Lantamal VI Laksma TNI Yusup, menghadiri acara Hari Air Sedunia (World Water Day) XXIV Sulsel 2016 di Nipanipa, Moncongloe, Maros, Sulsel, Kamis (2/6/2016).

Acara yang dilaksanakan Pemprov Sulsel ini, merupakan rangkaian peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan Kolam Regulasi Nipanipa dengan tema “Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Menopang Kesejahteraan Masyarakat Sulsel”.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan, air memiliki beberapa fungsi dalam mempengaruhi kehidupan. Sebagai contoh fungsi sosial (kemanusiaan), ekonomi (irigasi), dan pengaturan.

Air dalam fungsi ekonomi merupakan salah satu komponen utama dalam kebutuhan pokok manusia yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari, mulai kebutuhan rumah tangga hingga industri.

Fungsi ekonomi yaitu dalam hal sistem irigasi pengairan pada lahan sawah dan kebun serta lahan lainnya yang membutuhkan sehingga hasil produksi bisa meningkat dan terjaga kualitasnya. Ketiga fungsi pengaturan air adalah merupakan salah satu kebutuhan yang perlu diatur dalam pemakaiannya, sehingga tidak terjadi pemborosan.

Syahrul berharap agar sumber air yang ada dijaga kebersihannya, dengan cara menjaga kelestarian alam sekitar dan tidak mencemari sumber air dengan limbah-limbah hasil pembuangan baik itu berasal dari limbah hasil produksi rumah tangga maupun industri.

Danlantamal VI berkesempatan meletakkan batu pertama  dan penanaman bibit pohon bambu bersama unsur FKPD Sulsel lainnya.

Hadir dalam acara, Kajati Sulsel Hidayatullah, Dirjen SDA Kementerian PUPR Mudjiadi, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, Kepala Dinas PSDA Sulsel A Darmawan Bintang, Kepala BBWS Ponpengan Jeneberang Agus Setiawan, Sekda Sulsel H Abdul Latif, dan para undangan lainnya.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Dok Lantamal VI

Comment