Ikatan Wanita Tionghoa Indonesia Gelar Buka Puasa Bersama 600 Anak Yatim

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Solidaritas dan tingkat sosial yang tinggi terhadap sesama ditunjukkan Ikatan Wanita Tionghoa Indonesia (Iwati). Dalam acara buka puasa bersama yang digelar Iwapi di Hotel Remcy, Jalan Boulevard Blok F5, Panakkukang, Makassar, Selasa (14/6/2016), boleh jadi menjadi momen indah bagi 600 anak yatim piatu se-Kota Makassar.

Pasalnya, mengimplementasikan agenda sosial rutinnya setiap Ramadan, Iwati senantiasa berbagi dalam kesederhanaan, terutama terhadap kaum marginal seperti anak yatim piatu.

“Agenda buka puasa seperti ini rutin kami lakukan setiap Ramadan. Jadi, sejak terbentuknya Iwati 13 tahun lalu, acara buka puasa bersama ini selalu kami gelar. Meski sederhana dengan hanya memberi bingkisan ala kadarnya kepada masing-masing anak yatim piatu, namun bagi kami yang terpenting adalah silaturahmi dapat terus terjalin dengan mereka,” terang Ketua Iwati, Lucy.

Ia menambahkan, kegiatan dapat terlaksana berkat swadaya masing-masing anggota Iwati. “Pengurus Iwati ada 40 orang, tetapi kalau dibilang anggota banyak. Setiap wanita Tionghoa di Makassar otomatis adalah anggota Iwati,” ungkap Lucy.

Meskipun tak merinci berapa dana sosial yang digelontorkan pihaknya setiap menggelar kegiatan seperti buka puasa bersama, namun wanita ramah ini mengatakan tidak sulit menggalang dana sesama anggota. “Tidak sulit, karena sebagai Ketua Iwati, saya cukup mudah berkoordinasi dengan anggota. Jika urusan sosial, mereka biasanya tergerak sendiri untuk membantu,” beber Lucy.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan Iwapi dapat lebih mempererat ikatan persaudaraan antara warga Tionghoa dengan warga lainnya. “Iwati hadir memang mengusung visi demikian. Kami membantu terhadap siapa saja, tidak peduli apa agama maupun kepercayaan mereka,” tutup Lucy.

Effendy Wongso/Foto: Ahmad Alia

Komentar

Check Also

Masika ICMI Gelar Aksi Sosial

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Majelis Sinergi Kalam (Masika) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia kembali melaksanakan aksi sosial, dengan  …

Share This
Mediawarta