Mau Sehat Saat Tua? Ini Caranya

MEDIAWARTA.COM – Di Indonesia, banyak orang saat memasuki usia lanjut, mulai terlihat sakit-sakitan. Makanya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, menyarankan sejak dini menjaga pola pola hidup sehat.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, masalah hipertensi, osteoarthritis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan diabetes mellitus, menjadi penyakit terbanyak yang menghampiri lansia.

“Kita berharap lansia aktif dan produktif, jangan sampai jadi beban keluarga. Itu bisa dicapai jika sejak muda bisa mengatur kesehatan,” tutur Untung.

Sebenarnya, untuk menjalankan pola hidup sehat saat usia muda, tidak sulit. Caranya dengan mengonsumsi gizi seimbang, menghindari stres, mencegah penyakit menular dengan rutin melakukan deteksi dini, serta istirahat yang cukup. Dengan demikian, saat mencapai usia lanjut,bisa tetap sehat, aktif, produktif, dan mandiri.

Jika tidak menjaga kesehatan sejak muda, aneka penyakit tidak menular (PTM) bisa mendera saat lansia.

Komentar

Check Also

Halodoc Sediakan Akses Layanan Telekonsultasi Gratis & Penawaran Spesial Tes COVID-19 Di Hari Kemerdekaan RI

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Halodoc, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan terlengkap, berupaya membantu pemerintah dalam …

Share This
Mediawarta