Premium akan Dihapus

MEDIAWARTA.COM – Rencananya Bensin RON 88 atau Premium akan dihapus pemerintah. Langkah itu dilakukan secara perlahan, ditargetkan mulai tahun 2019.

Supaya Premium dapat segera dihapus, Pertamina berupaya mendorong masyarakat berpindah ke BBM RON 90 atau Pertalite, yang harganya tidak jauh berbeda dibandingkan Premium. Tapi kualitasnya lebih baik.

Bila permintaan Premium bisa ditekan, lama kelamaan dengan sendirinya akan hilang dari pasaran. Itu karena tidak ada lagi pengusaha SPBU yang mau menjualnya.

Rencana penghapusan Premium ini, dinilai oleh Kementerian ESDM memiliki dampak positif dan negatif. Sisi baiknya, tentu polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor dapat dikurangi. Karena kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang dipakai lebih bagus.

“Dampak negatif yang bisa saja terjadi ialah meningkatnya impor BBM. Sebagian besar BBM jenis Pertamax series saat ini, masih harus diimpor. Hanya sebagian kecil yang dapat diproduksi kilang-kilang Pertamina,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, di Gedung DPR.

Supaya hal itu tidak terjadi, Pertamina harus mengkonversi kilang-kilangnya terlebih dahulu, dari memproduksi Premium ke Pertalite dan Pertamax. Kalau kilang sudah siap, penghapusan Premium tidak akan menjadi masalah. Apalagi kalau konsumsi bensin RON 88 sudah tinggal sedikit.

Komentar

Check Also

Bangun 60 Unit Rumah, Perintis Regency Optimis Sold Out

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menyasar segmentasi menengah, PT Mega Land Sangtandung membangun sebuah kawasan perumahan yang …

Share This
Mediawarta