Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV (Persero), Baharuddin M. sedang memimpin Rapat Koordinasi terkait Program BUMN Hadir untuk Negeri, bersama BUMN lainnya yang ada di Kalimantan Utara.

Pelindo IV siap semarakkan HUT RI dalam program BUMN Hadir untuk Negeri

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pelindo IV siap semarakkan HUT RI dalam program BUMN Hadir untuk Negeri. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) akan melaksanakan kegiatan Bedah Rumah untuk para Veteran sebagai rangkaian program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang dilaksanakan Kementerian BUMN untuk memeringati HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV (Persero) Baharuddin M mengatakan seperti tahun lalu, Kementerian BUMN pada HUT RI tahun ini kembali menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, sebagai kelanjutan dari BUMN Hadir untuk Negeri yang merupakan rangkaian kegiatan untuk memeringati HUT Kemerdekaan RI 2015.

“Pada BUMN Hadir untuk Negeri tahun ini, Pelindo IV ditunjuk sebagai BUMN yang menjadi penanggung jawab pelaksana program di Kalimantan Utara (Kaltara) bersama PT Semen Gresik,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak Mei hingga Desember mendatang, antara lain Siswa Mengenal Nusantara dari hasil seleksi siswa-siswa terbaik di Kaltara dan BUMN Mengajar. Selain itu, Bedah Rumah untuk para Veteran sebanyak 24 unit di Kaltara dan 16 unit di Maluku, yang kegiatannya akan direalisasikan pada Agustus hingga 31 Desember 2016.

Menurut Baharuddin, BUMN Hadir untuk Negeri di Kaltara sudah mengadakan beberapa kegiatan dan telah dimulai sejak Mei lalu, sebagian sudah terlaksana seperti seleksi Siswa Mengenal Nusantara di Kaltara. Juga pemilihan sebanyak 24 unit rumah veteran yang akan dibedah.

Ia menambahkan, selain Pelindo IV dan Semen Gresik, kegiatan tersebut juga bakal melibatkan beberapa instansi terkait, di antaranya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, dan Dinas Ketenagakerjaan Kaltara dan Pemkot Tarakan.

Selain itu, untuk memeringati HUT RI tahun ini, juga akan diadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dan bertindak selaku pembina upacara adalah Dirut Pelindo IV Doso Agung, pembinaan narapidana, penyediaan sarana air bersih, pembangunan tempat penitipan anak di pasar, pembinaan mantan atlet nasional, pembinaan desa terpencil (perbatasan dan rawan konflik), jalan sehat lima kilometer, pasar murah, dan kegiatan lomba yang diikuti masyarakat umum.

Kegiatan-kegiatan tersebut kata dia, akan dilaksanakan pada Agustus nanti. “Bagi masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan itu, bisa mendaftar langsung ke PT Pelindo IV Cabang Tarakan,” ujar Baharuddin.

Ditambahkan, meski Pelindo IV dan Semen Gresik yang ditunjuk sebagai penangggung jawab kegiatan bertagline “Bukti Kerja Nyata BUMN Hadir untuk Negeri”, tetapi diharapkan seluruh BUMN di Kaltara dapat bersinergi agar seluruh kegiatan bisa terlaksana baik dan bermanfaat bagi masyarakat di provinsi yang letaknya paling utara di Pulau Kalimantan tersebut.

“Sebagai BUMN yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan di Kaltara, Pelindo IV bersama Semen Gresik telah bertekad menyukseskan semua program BUMN Hadir untuk Negeri,” tutup Baharuddin.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Singgih Wahyu Nugraha

Komentar

Check Also

Modena Luncurkan Freestanding Cooker

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Modena Indonesia mengeluarkan produk terbarunya, Modena Freestanding Cooker FC 8940 Sebagai …

Share This
Mediawarta