Anak pertama lebih pintar, benarkah?

MEDIAWARTA.COM – Banyak yang bertanya apakah benar anak pertama lebih pintar dari anak kedua dan seterusnya? Sebuah studi dari Edinburgh University di Inggris menemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat intelegensi (IQ) antara anak pertama dengan saudara-saudaranya. Hal tersebut bahkan sudah tampak saat anak berusia 1 tahun. Mengapa demikian?

Menurut para peneliti, orang tua cenderung menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak pertama untuk bermain dan melakukan sesuatu sehingga kemampuan berpikir anak lebih berkembang, seperti kemampuan membaca atau bermain musik. Ketika anak kedua dan seterusnya lahir, waktu orang tua akan semakin berkurang.

“Namun tak berarti anak pertama mendapatkan kasih sayang lebih, semua anak mendapatkan kasih sayang yang sama,” ujar peneliti Ana Nuevo-Chiquero.

Ia menambahkan, anak pertama mendapatkan lebih banyak perhatian, terutama pada tahun pertumbuhan dan perkembagan tersebut.

Para peneliti melihat pada data 5 ribu anak dari sebelum lahir hingga berusia 14 tahun di US Children of the National Longitudinal Survey of Youth, dan mengkorelasikannya dengan perilaku orang tua.

Anak-anak tersebut dinilai setiap dua tahun sekali dalam berbagai ketrampilan. Anak sulung umumnya mengalahkan saudara mereka saat menginjak 12 bulan. Dengan selisih usia yang kecil, studi tersebut menyimpulkan bahwa anak sulung memiliki penghasilan lebih besar dibandingkan adik-adiknya saat dewasa.

Tak hanya dari segi waktu yang lebih sedikit, orang tua juga cenderung melakukan beberapa hal yang berisiko saat kehamilan kedua dan seterusnya, misalnya merokok.

Sumber: metronews
Foto: Internet

 

 

Komentar

Check Also

RS Siloam Makassar Hadirkan Test Swab Dengan Hasilnya Tidak Pakai Lama

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemeriksaan swab untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dalam tubuh, beberapa waktu lalu sempat …

Share This
Mediawarta