CRC: Bur-Nojeng berpeluang besar menangkan pilkada Takalar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR –  Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis beberapa hasil survei terakhir mereka, salah satunya terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Takalar, Sulawesi Selatan yang berdasarkan hasil terakhir suevei memenangkan pasangan petahana Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng).

“Survei kita gelar mulai tanggal 4-7 Februari dan survei ini belum mengambil hasil dari masa kampanye dari semua pasangan calon,” ujar Direktur Utama CRC Herman Heizer di Makassar, Jumat (10/2/2017).

Survei Pilkada takalar dilakukan selama tiga hari menggunakan responden sebanyak 450 orang dari semua kecamatan, kelurahan dan desa, sambung Herman

“Jumlah responden yang kita libatkan 450 orang dengan tingkat kesalahan atau margin error hanya sekitar empat persen. Kalaupun berbeda hasilnya, itu tidak akan jauh dari margin errornya,” katanya.

Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakannya selama empat hari itu, pasangan nomor urut 1 Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) unggul telak dari sisi elektabilitas sebesar 61,3 persen.

Pasangan nomor urut 2, Syamsari Kitta-H Ahmad Dg Se`re (SK-HD) hanya mengumpulkan 29,8 persen. Sedangkan 8,9 persen lainnya itu, responden memilih tidak memberikan pilihannya.

Herman Heizer memprediksi pemenang di Pilkada Takalar 2017 berdasarkan surveinya dan pengalamannya itu adalah pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim.

Hasil  survei ini belum merekam hasil dari kampanye akbar karena kalaupun itu masuk tidak akan mempengaruhi secara siknifikan hasil survei ini. Karena  kampanye akbar tidak memiliki efek yang signifikan dalam menggaet dukungan,” jelasnya.uu

“Jika pencoblosan digelar hari ini, maka kemungkinan pemenangnya adalah Bur-Nojeng. Dengan catatan, tidak ada gerakan yang berlebihan di masa tenang kampanye hingga masa pencoblosan,” ucapnya.

Sementara untuk kemungkinan suara pasangan nomor urut 1 Bur-Nojeng ini tergerus karena adanya gerakan massif pada masa tenang atau strong voter hanya akan tergerus sekitar delapan persen atau tersisa 53,3 persen.

Pada pasangan nomor urut 2, SK-HD jika kemungkinan akan tergerus juga dari jumlah sebelumnya 29,8 persen, maka tidak lebih dari angka empat persen atau hanya tersisa 25,8 persen.

Komentar

Check Also

Gunakan Heli Super Puma, Danlantamal VI Turut Dampingi Kunjungan Pangkogabwilhan II Ke Baksos HUT Ke-75 TNI Di Masamba

MEDIAWARTA.COM, MASAMBA – Dalam rangka HUT Ke-75 TNI Tahun 2020, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) …

Share This
Mediawarta