PT Kalla Inti Karsa Laksanakan Rapid Test sebelum Re-Opening

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Kalla Inti Karsa melaksanakan Rapid Test terhadap seluruh unit bisnis yang dimilikinya, sebagai upaya menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 demi mengutamakan keselamatan dan kesehatan semua pihak, terkait persiapan pengoperasian kembali seluruh unit bisnis yakni Mal Ratu Indah, Nipah Mall, dan Wisma Kalla.

Gedung perkantoran Wisma Kalla menjadi lokasi pertama dalam pelaksanaan Rapid Test, Jumat, (29/5/2020). Dikarenakan Wisma Kalla dijadwalkan akan kembali beroperasi secara terbatas pada hari Selasa, 2 Juni 2020. Sementara pelaksanaan rapid test untuk unit mal akan berlangsung tanggal 6 Juni di Nipah Mall, sedangkan Mal Ratu Indah sendiri 7 Juni 2020. 

“Sebelum re-opening, setiap unit properti termasuk Wisma Kalla harus memastikan berbagai kesiapan dalam melaksanakan protokol Covid-19. Pihak building management Wisma Kalla telah melakukan langkah- langkah tidak hanya dalam hal persiapan fasilitas dan fisik gedung, tetapi juga dari sisi kesiapan man power. Hal ini berarti memastikan seluruh tim termasuk manajemen gedung, tim outsource, maupun karyawan tenant, yang berinteraksi dengan pihak luar maupun pengunjung dalam keadaan sehat dan tidak terindikasi Covid-19. Maka dari itu kami melakukan rapid test Covid-19 sebagai proses deteksi dini potensi penularan.

Berbagai persiapan yang telah dilakukan pihak manajemen dalam melaksanakan rapid test yakni kesiapan area, fasilitas pendukung kegiatan, serta koordinasi intens dengan tim medis, untuk memastikan kelancaran kegiatan pemeriksaan. Melibatkan sebanyak 40 personil tim medis dengan jumlah peserta yang akan menjalani pemeriksaan rapid test mencapai 200 orang”, ungkap Deasy Rostianti Effendy selaku Operation Section Head Building Management Wisma Kalla.

“Wisma Kalla dan unit properti Kalla Group lainnya terus berupaya agar tetap konsisten dalam menerapkan dan melaksanakan protokol Covid-19 yang telah PT Kalla Inti Karsa susun sesuai dengan anjuran pemerintah. Dari hasil rapid test sendiri, kami berharap agar seluruh hasil test baik dan tidak ada yang menampakkan indikasi atau gejala penularan covid 19”, tambahnya.

PT Kalla Inti Karsa memercayakan tim medis dari satgas penanggulangan covid 19 yang turut didukung oleh tim relawan penanggulangan Covid-19 untuk menangani pelaksanaan rapid test yang berlangsung di seluruh unit bisnis. Melalui satgas penanggulangan covid 19, PT Kalla Inti Karsa menyalurkan bantuan dengan mendonasikan sejumlah uang untuk digunakan dalam memenuhi persediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi rekan – rekan medis yang sampai saat ini masih terus berjuang di garda terdepan melawan virus Covid-19. 

Berkaitan dengan persiapan pengoperasian kembali seluruh unit bisnis PT Kalla Inti Karsa, berbagai langkah antisipasi dengan menerapkan protokol Covid-19 sesuai arahan Pemerintah. Hal tersebut sudah diterapkan sejak awal semenjak wabah virus Covid-19 menyerang wilayah Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar. Bahkan selama kegiatan pengoperasian terhenti di seluruh unit bisnis, seluruh petugas tetap melaksanakan kegiatan maintaining dan sterilisasi area yang dilakukan secara berkala. Sehingga pada saat beroperasi kembali  kondisi unit bisnis telah siap melayani pengunjung mal maupun karyawan tenant yang berkantor di Wisma Kalla.

Kebijakan yang akan kembali dilanjutkan oleh manajemen Wisma Kalla dengan kembali beroperasi diantaranya, pembatasan jam operasional, dan jumlah karyawan yang bekerja dibatasi dengan pengurangan minimal 30% dari jumlah normal. Himbauan mengenai penerapan protokol Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah berupa poster yang terpajang dan tersebar pada area publik Wisma Kalla, hingga tindakan preventif lainnya berupa penggunaan masker atau face shield bagi seluruh karyawan/ti, penyediaan hand sanitizer pada setiap akses pintu, penyemprotan disinfektan secara menyeluruh pada area – area publik, dan pengecekan suhu tubuh.

Setiap pengunjung, karyawan/ti tenant dengan suhu tubuh diatas 37.5°C tidak di perkenankan masuk area gedung. Pembatasan penggunaan lift, escalator, dan toilet, serta pengaturan antrian dengan jarak minimal 1 meter.

Penggunaan sarung tangan dan face shield diwajibkan bagi staff manajemen yang berinteraksi langsung dengan pengunjung dan tenant Wisma Kalla. Alur penerimaan paket dari luar diatur dan akan diterima di dua titik, yakni surat dan dokumen di Customer Lobby serta paket dan barang di akses di basement, untuk dibersihkan dengan cairan disinfektan sebelum diberikan kepada penerima.

Beberapa fasilitas seperti mushollah tetap dapat digunakan dengan mematuhi jarak kontak yang telah tersedia. Jamaah wajib menggunakan masker,tidak berjabat tangan, serta membawa alat sholat masing – masing. Sedangkan untuk fasilitas fitness center ditutup untuk sementara waktu, begitupun fasilitias warung kuliner tidak menyediakan makanan dan minuman bagi karyawan/ti, tetapi dapat digunakan sebagai area tempat makan dan minum.

Sementara untuk Saoraja Ballroom pembatasan pengunjung diberlakukan minimal 30%. Bagi pengelola Mitra Mart Koperasi dan Gastros Coffee & Eatery diwajibkan untuk mengurangi jumlah kursi terisi dan pengunjung, serta menerapkan social distancing. Seluruh kebijakan protokol Covid-19 yang diterapkan Wisma Kalla akan secara berkala disesuaikan dengan arahan Pemerintah serta memperhatikan perkembangan kondisi penyebaran Covid-19 di kota Makassar.

Komentar

Check Also

Nikmati Promo Buy 1 Get 1 Free ala Gastros MaRI dan Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memanjakan lidah setiap pengunjung setianya melalui berbagai pilihan sajian menu makanan yang …

Share This
Mediawarta