MAHASISWA UNIBOS LOLOS PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2020

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) kembali mengukir prestasi. Kali ini ditunjukan dengan lolosnya proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 dalam ajang yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tingkat Nasional.

Proposal yang lolos tersebut merupakan PKM Gagasan Tertulis (GT) yang merupakan hasil karya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIPOL) Program Studi Hubungan Internasional (HI) Unibos.

Proposal tersebut merupakan hasil karya ilmiah mahasiswi HI Unibos yaitu Rahmiyani Auditia Suherman dan Nur Hikamah Zainuddin. Dengan mengusung tema Maritime Diplomacy : Implementasi Konsep Pertahanan Keamanan Maritim Sebagai Upaya Menghadapi Ancaman Transnasional, Rahmiyani Auditia Suherman berharap proposal ini tidak hanya sebagai bukti kemampuan mahasiswi Unibos bersaing dalam tingkat nasional tetapi juga berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

“Pada dasarnya penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir kasus penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia melalui jalur maritim Indonesia. Banyaknya kasus pengedaran dan penyalahgunaan narkoba yang senantiasa menjerat masyarakat kalangan atas maupun menengah ke bawah turut menjadi aspek tonggakan kami dalam membuat penelitian ini. Dengan menghubungkan diplomasi maritim antar negara terkait dan penguatan pertahanan serta keamanan di wilayah maritim memberikan kontribusi besar dalam pengurangan jumlah kasus penyelundupan narkoba yang masuk ke Indonesia. Sehingga, secara langsung manfaat penelitian ini untuk masyarakat ialah mengurangi angka kasus penyalahgunaan narkoba yang realitasnya marak terjadi dalam masyarakat Indonesia” Jelas Rahmiyani Auditia Suherman.

Arief Wicaksono, S.IP., M.A selaku Dekan Fisipol Unibos sangat bersyukur atas pencapaian yang di dapatkan oleh mahasiswinya juga mengungkapkan Langkah yang dilakukan Fisipol Unibos dalam membimbing mahasiswa.

“saya sangat senang dan bangga karena event yang mereka lalui itu sangat kompetitif. Oleh karena itu para dosen dan masing-masing ketua prodi telah membuat blueprint untuk melakukan pembinaan kepada mahasiswa yang ingin berkompetisi dalam ajang sekali setahun ini. Kita juga telah membentuk tim di setiap prodi untuk membimbing dan memberikan pelatihan-pelatihan bagi mahasiswa yang ingin turut andil dalam penulisan karya ilmiah, saya harap bukan tahun ini saja tapi tahun depan kembali lulus dalam ajang karya ilmiah ini” ungkapnya.

Selain itu Wakil Rektor (WR) III Unibos, Dr. Abd Haris Hamid M.H., M.H. menuturkan bahwa selaku penanggung jawab kemahasiswaan sangat bangga terhadap mahasiswi Unibos melihat bahwa dalam lingkup LLDIKTI WILAYAH IX hanya ada lima perguruan tinggi yang lolos dan salah satunya Unibos dari ribuan perguruan tinggi.(rls)

Komentar

Check Also

Pertamina Bersama Rumah Hijau Denassa Lestarikan Spesies Endemik Asli Makassar

MEDIAWARTA.COM, JENEPONTO – Tak banyak yang tahu bahwa Kota Makassar punya spesies burung endemik yang …

Share This
Mediawarta