Wakili Gowa di MTQ Tingkat Sulsel, Anggota Pramuka UIN Makassar Juara II KTIQ

MEDIAWARTA.COM, GOWA – Dyah Adila Perdana anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, berhasil menjadi juara II lomba lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXXI Tingkat Sulawesi Selatan.

Dila sapaan akrabnya yang juga Alumni Bahasa dan Sastra Arab UIN Alauddin Makassar ini mengaku tidak menyangka jika dirinya akan bisa sejauh ini. Pasalnya, ini lomba KTIQ pertama yang dirinya ikuti.

“Alhamdulillah tidak menyangka bisa masuk final, padahal ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran ini. Jadi sangat bersyukur bisa mendapatkan juara 2,” kata Dila, usai mengikuti penutupan MTQ Tingkat Provinsi Sulsel secara virtual di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu (2/9).

Dila menyebutkan bahwa kendala yang dihadapi selama lomba akibat jaringan internet karena MTQ kali ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. Sehingga menurutnya saat tanya jawab dengan juri beberapa kali dirinya keluar dari aplikasi akibat jaringan.

“Kalau jaringan kurang bagus, maka kita otomatis keluar dari zoom atau suara akan terputus. Dan itulah kendala terbesar saya saat final kemarin, karena beberapa kali keluar dari zoom saat sesi tanya jawab,” jelasnya.

Walaupun demikian anak pertama dari dua bersaudara ini, tetap mengaku bersyukur bisa memperoleh juara II. Ia juga mengaku bangga sudah bisa mewakili Kabupaten Gowa di MTQ Tingkat Provinsi Sulsel ini.

Selain itu, Mantan Pemangku Adat Dewan Racana Pandega (DRD) Puteri Pramuka UIN Alauddin Makassar ini mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan orang tua dan beberapa teman. Selain itu, juga bimbingan dari Pembina Pramuka UIN Alauddin Makassar, Fatmawati dan Muh Shuhufi.

“Terkhusus saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Dr. Fatmawati , M. Ag selaku pendamping lomba KTIQ dan Dr. Muh. Shuhufi, M. Ag yang selama ini dengan sabar melatih saya bersama Renaldi Wahab di Sanggar Pramuka UINAM, walaupun belum bisa mempersembahkan juara 1,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan bahwa MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun ini Kabupaten Gowa mengutus 39 orang.

39 orang ini kata Syamsuddin Bidol merupakan hasil seleksi dari MTQ Tingkat Kabupaten Gowa beberapa bulan lalu di Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. peserta yang terdiri dari 20 laki-laki dan 19 perempuan tilawah, Qiraat, Hifdzil, Kaligrafi, Syahril Qur’an, Fahmil Qur’an, Karya tulis ilmiah Qur’an dan tafsir Qur’an.

Saat menutup kegiatan, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman berharap untuk mendapatkan juara agar tetap dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk persiapan MTQ tingkat Nasional di Padang.

Berikut perolehan juara kafilah Kabupaten Gowa. Hafidz 5 Juz juara harapan III, Hafidz 30 Juz Juara Harapan I, Hafidz 20 Juz Juara Harapan III, Qiraah Remaja Putri Juara 3, Fahmil Al Qur’an juara III, Syarhil Qur’an Juara Harapan II, KTIQ Putra Juara Harapan I, KTIQ Putri Juara II dan Tafsir Bahasa Inggris juara Harapan I.

Sekedar diketahui MTQ Tingkat Provinsi Sulsel tahun 2020 ini dipusatkan di Kabupaten Pangkep dan dilaksanakan secara virtual. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2020.(rls)

Komentar

Check Also

Pertamina Bersama Rumah Hijau Denassa Lestarikan Spesies Endemik Asli Makassar

MEDIAWARTA.COM, JENEPONTO – Tak banyak yang tahu bahwa Kota Makassar punya spesies burung endemik yang …

Share This
Mediawarta