Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian Unibos Sepakat Tandatangani Moa Fakultas Sains dan Teknologi UNAIM

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Bosowa (Unibos) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena (UNAIM).

Penandatanganan MoA ini langsung dilakukan oleh dekan FP Dr. Ir. Syarifuddin, S.Pt., M.P. dan dekan FT Unibos Dr. Ridwan, S.T., M.Si dengan dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unaim yang disaksikan langsung oleh Rektor Unibos Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si., Ketua Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Wamena H. Kanus Pagawak, S.Pd., dan Rektor Unaim Dr.H. Rudihartono Ismail.,M.Pd.

Kegiatan ini turut dihadiri Dr. Haeruddin Saleh, S.E., M.Si Vice Rector for Academic and Stundent Affairs, Dr.Ir. Zulkifli Maulana, M.P Vice Rector for Innovation and Community Development, Dr. Ir. Agus Salim, S.T., S.T., M.Si Vice Rector for Institutional Cooperation and Development dan turut disaksikan para pimpinan fakultas dan asisten direktur pascasarjana Unibos.

Rektor Unibos dalam sambutannya menjelaskan penandatanganan MoA ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya dilakukan. Prof. Batara Juga menegaskan bahwa Unibos kini akan konsen dengan implementasi bukan hanya sekedar penandatanganan namun ada tindakan nyata yang bermanfaat.

“Saya akan mengkonkretkan kerjasama apa yang dapat dilakukan setelah MoU, olehnya setelah penandatanganan hari ini perlu tindakan real, harapan saya kita tidak membatasi diri untuk bersinergi dan bisa melakukan kerjasama yang saling bermanfaat bagi perguruan tinggi masing-masing,” jelas Prof. Batara Surya.

“Saya bangga bekerja sama dengan UNAIM karena ada mahasiswa, dan alumni kita yang menjadi dosen di UNAIM, dalam waktu dekat banyak yang bisa kita kerjasamakan karena kami memiliki 9 fakultas, 1 program pascasarjana dan 30 program studi,” tambahnya

Selanjutnya Rektor UNAIM Rudihartono mengungkapakan terimakasih atas keterbukaan Unibos untuk bekerjasama dengan UNAIM dan banyak membantu dalam mengembangkan Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena.

“Terimakasih Unibos sudah sangat terbuka dalam bekerjasama dengan institusi kami, dari Kerjasama ini kami akan mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan tinggi dan mengembangkan kurikulum tentunya dalam hal Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK),” ungkapnya.

“Sebelumnya kami telah melakukan kerjasama nonformal untuk membuka Prodi PWK dengan Unibos, kami sangat senang dengan adanya Unibos yang satu satunya memiliki Program PWK yang lengkap mulai dari S1, S2, dan Doctoral S3, ini menggambarkan keseriusan dan kehebatan Unibos dalam Prodi PWK, karena itu Unibos menjadi kiblat prodi PWK di Indonesia Timur sehingga kami tertarik untuk mengembangkan prodi itu karena papua sangat membutuhkan SDM yang berkompeten dalam bidang itu,” tambahnya.

Adapun Ruang lingkup kerjasama yang disepakati dalam Perjanjian Kerjasama ini adalah seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, Pembelajarana Jarak Jauh (PJJ). Bidang Penelitian seperti Strategi perencanaan Kawasan Agrowisata menuju Kawasan berkelanjutan berbasis kearifan local. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Agrowisata, Penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dalam memperkenalkan budidaya tanaman dan sayuran dengan sistem hidroponik di kota Wamena Kabupaten Jayawijaya.
Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pertanian menuju Kampung Agrowisata. Teknik bioremediasi sebagai alternatif upaya pengendalian pencemaran aliran Sungai Baliem kota Wamena Kabupaten Jayawijaya Papua.