Jusuf Kalla Yakin Hewan Kurban yang Disembelih Sudah Bebas dari PMK

MEDIAWARTA, JAKARTA – Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, meyakini jika hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha 1443 H tahun ini sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal tersebut disampaikan JK usai mengikuti shalat Idul Adha di lapangan Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

“Saya yakin semua hewan kurban yang dikurbankan tahun ini sudah terbebas dari PMK,” tegas JK kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 10 Juli 2022.

Bagi JK, seiring dengan kasus PMK yang pas bersamaan dengan lebaran Idul Adha tahun ini, DMI dan pengurus masjid telah menganjurkan agar memilih hewan yang bebas PMK. Selain itu pihaknya juga telah mengimbau agar setiap hewan kurban harus melalui pemeriksaan kesehatan secara ketat. Prosedur tersebut, kata JK, telah dilakukan oleh semua pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah melalui dinas peternakan telah melakukan itu sebelum ada korban di mana-mana,” tambah Wapres RI ke 10 dan 12 tersebut.

Di sisi lain, ia mengakui jika DMI khawatir terkait merebaknya PMK di Indonesia. “Tentu saja kita khawatir karena ini bukan semata-mata Idul Adhanya saja, tapi juga karena faktor masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

“Makanya DMI dan pengurus masjid terus melakukan himbauan, bahkan PMI ikut serta dalam melakukan disinfektan,” imbuhnya.

Lebih jauh, di hari raya idul adha ini, JK berpesan akan pentingnya persatuan untuk kemanusiaan.

Dalam Idul Adha tahun ini, JK bersama keluarga melaksanakan shalat Idul Adha si lapangan Masjid Al-Azhar. Tampak hadir Ketua mantan MK, Jimly Assidiq