IONIC 5 Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia

MEDIAWARTA, MAKASSAR -Persaingan segmen BEV (Battery Electric Vehicle) atau mobil listrik murni di Indonesia sekarang jadi salah satu yang menarik buat dibahas. Berbagai produsen kini berlomba menghadirkan ragam produk berkualitas diikuti dengan ketersedian stasiun pengecasan.

Mengutip data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen mobil listrik murni dikuasai oleh jenama asal Korea Selatan, Hyundai. Dari seluruh total penjualan mobil bebas polusi di semester 1 (Januari-Juni) 2022 sebanyak 495 unit, Hyundai paling mendominasi dengan berhasil mencatatkan angka sebanyak 444 unit.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi memperkenalkan IONIQ 5, mobil listrik mid-size terbaru dari Hyundai, Kehadiran IONIQ 5 ini menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

General Manager PT Sinar Galesong Mobilindo (Galesong Group), Dodik IONIQ 5 merupakan mobil listrik komersil pertama yang beberapa tipe, yakni; Standart Range Prime, Long Range Prime, Standart Range Signature dan Long Range Signature. Adapun kisaran harga antara Rp 718 juta sampai dengan Rp 829 juta.

“Kami merasa sangat senang karena hari ini Hyundai kembali menghadirkan kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia, Khususnya di pulau Sulawesi,” Ungkapnya

Dua Kali Lipat Lebih Hemat

Hyundai Ioniq 5 hadir dengan konsep desain yang berbeda dari mobil-mobil listrik yang ada di Indonesia.Kenyamanan dan ruang gerak dalam kabin juga maksimal. Meskipun dari sisi suspensi bagi penumpang baris kedua cenderung keras.

Terkait performa, Ioniq 5 dibekali dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor Rear Wheel Drive (RWD).Dengan motor listrik tunggal di belakang, Ioniq 5 mampu menghasilkan tenaga hingga 168 tk untuk tipe Standard Range dan 215 tk untuk Long Range

Sedangkan torsinya, mencapai 350 Nm baik Standard Range maupun Long Range. Tipe ini juga sanggup berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 8,5 detik untuk Standard Range dan 7,4 detik untuk Long Range.

Dengan tenaga yang diteruskan langsung ke roda, kemampuan akselerasinya diakui memang luar biasa. Apalagi, ketika mode Sport diaktifkan.Pedal gas terasa jauh lebih responsif dan tarikannya juga lebih ringan. Pengendara tak perlua menekan terlalu dalam, tenaga sudah terolah cukup baik.

Sementara untuk jarak tempuh, baterai berukuran 58 kWh yang dibenamkan pada Ioniq 5 bisa berjalan sejauh 384 km. Untuk tipe Long Range, baterai yang digunakan berkapasitas 72,6 kWH.Dengan baterai tersebut, Ioniq 5 diklaim dapat melaju hingga 451 km untuk varian Signature dan 481 km untuk varian Prime.Jadi, untuk penggunaan harian, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 bisa lebih dari dua kali lipat lebih hemat dari mobil bensin.

Bunga Nol Persen dan Angsuran Ringan

Branch Manager Hyundai Pettarani PT. Sinar Galesong Mobilindo Makassar, William mengatakan Kini memiliki mobil Hyundai semakin mudah, karena, Hyundai tengah mengadakan promo untuk para konsumen dengan penawaran cukup menarik, berupa down payment (DP) rendah, cicilan ringan hingga tenor yang panjang. Bahkan terdapat promo dengan bunga nol persen.

“Kami ingin selalu memuaskan para konsumen khusunya konsumen Hyundai Pettarani dengan berbagai kemudahan, Tak hanya program menarik kami juga menghadirkan hadiah khusus jalan-jalan ke Korea untuk konsumen yg beruntung,” jelasnya.