Saatnya Warga Kampus Mendapatkan Hak Rasa Aman & Terhindar Dari Kekerasan Seksual

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam rangka melaksanakan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) di lingkungan kampus. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring di ruang multimedia, Jumat (25/11/2022). Sosialisasi dihadiri para kajur, senat, dosen, anggota Satgas PPKS, dan perwakilan mahasiswa setiap jurusan khususnya angkatan 2022.

Direktur PNUP, Ir Ilyas Mansur MT dalam sambutannya mengharapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan karena memiliki tujuan yang sangat banyak serta diingatkan oleh kementerian untuk segera dilakukan dan dibentuk tim satuan tugas (Satgas) PPKS.

“Kita selalu berjuang untuk memastikan mahasiswa dan dosen merasa aman dari kekerasan seksual”. Harap Ilyas Mansur

Selain itu, lanjut Ilyas Mansur menambahkan Permendikbudristekdikti 30 Tahun 2021 memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan yang aman bagi mahasiswa serta dapat memberikan kepastian hukum bagi pimpinan perguruan tinggi dalam mengambil tindakan tegas bagi pelaku pelecehan seksual atau kekerasan yang terjadi dalam kampus.

“Kita konsisten dengan tindakan tegas pelaku pelecehan dan kekerasan dalam kampus”. Harap direktur saat menutup sambutannya

Terpisah, Narasumber Dr Andi Musdariah SS MHum dalam pemaparannya mengatakan bahwa UU tindak kekerasan seksual nomor 12 tahun 2022 dan Permendikbudristek tidak hanya memberikan kepastian hukum tetapi juga mendorong pandangan masyarakat dan warga kampus untuk pentingnya merubah paradigma dan membangun perspektif penghargaan terhadap perempuan. Ia juga berharap menghapus pandangan bahwa perempuan adalah objek sehingga mencegah dan menghindari tindakan kekerasan seksual.

“Mari wujudkan hak civitas akademika dan tendik baik perempuan maupun laki-laki dengan membentuk satgas untuk terhindar dari kekerasan seksual”. Harap Ketua Satgas PPKS PNUP ini