Unhas dan USU Lanjutkan Kerja Sama dan Bahas Pengembangan Kurikulum untuk Industri

MEDIAWARTA. MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. menerima kunjungan rombongan dari Universitas Sumatera Utara (USU) yang dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. Berlangsung di Ruang Rapat Rektor Lantai 8, Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, pada Rabu (21/2/2024).

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya kedua universitas untuk memperkuat kerja sama akademik dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia. Dalam diskusi yang berlangsung hangat, keduanya membahas berbagai aspek program akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Turut hadir mendampingi Rektor Unhas, yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K)), Ketua LPMPP (Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc.,), Sekretaris Universitas (Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phill., Ph.D), Sekretaris LPPM (Prof. Ir. Suharman Hamzah, ST., MT., Ph.D (Eng), HSE,), Kepala KUI (Andi Masyita Irwan,S), Direktur Kemitraan (Ansariadi, SKM.,M.Sc.PH., Ph.D), dan Sekretaris Rektor (Dr. Sawedi Muhammad, M. Sc).

Adapun delegasi dari USU lainnya dihadiri oleh Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan S.Si., M.Si., Apt (Wakil Rektor III), Ikhsan Siregar, ST., M.Eng (Kepala Badan Evaluasi Program Prioritas), Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc. CM-FM M.Pd, Ked, Sp.KKLP, Subsp.COPC (Kepala
Badan Penjamin Mutu), Prof. Dr. Drs. Jonner Hasugian M.Si (Manajer Divisi Akreditasi Nasional), dan Sity Ayu Novarina Suyanto, S.Kom (Sekretariat).

Dalam pertemuan tersebut, Prof. JJ menyatakan Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi kedua universitas untuk saling bertukar pandangan dan pengalaman dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi secara optimal.

“Kami berharap kerja sama ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan pendidikan tinggi di tanah air, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara menyeluruh.” Jelas Prof. JJ

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., Rektor USU, mengapresiasi kesempatan ini untuk berbagi pemikiran dan ide dengan Universitas Hasanuddin, menandai langkah penting dalam meningkatkan kerjasama antar-perguruan tinggi yang diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di kedua universitas.” Jelas Prof. Dr. Muryanto.

Beberapa program strategis yang dibahas dalam pertemuan tersebut mencakup peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, peningkatan jumlah dan kualitas penelitian yang berdampak, serta penguatan keterlibatan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas.

“Dalam rangka memperkuat kerja sama yang telah terjalin, pada pertemuan ini, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai bentuk perpanjangan kerja sama antara kedua institusi.

MoU ini bertujuan untuk lebih mengukuhkan kolaborasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta untuk menciptakan sinergi yang berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Comment