BNI Hadirkan Makassar Students Smart Card

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Guna menyukseskan program Makassar Students Smart Card (MSSC) yang merupakan gagasan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, Bank Negara Indonesia (BNI) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar kerja sama untuk merealisasikan program terkait edukasi tersebut.

Kepala Kantor BNI Makassar, Slamet Djumantoro, mengatakan, MSSC didesain sebagai kartu yang berfungsi sebagai kartu identitas siswa atau kartu tanda pelajar, kartu peminjaman atau pengembalian buku perpustakaan, dan kartu absensi dan sistem kontrol orang tua siswa yang memuat informasi kehadiran, nilai siswa, dan jadwal ujian. Kartu ini juga berfungsi sebagai kartu transaksi di kantin atau koperasi sekolah.

“Untuk mengaktifkan MSSC, pemilik kartu cukup men-download aplikasi sistem informasi pendidikan (SIP) di smartphone milik siswa dan orang tua siswa secara gratis,” ulasnya di sela pertemuan dengan Wali Kota Makassar di Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Makassar, Rabu, (27/4/2016).

Baca Juga:   Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020, Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam

Sementara itu, Ramdhan menjelaskan, jumlah sekolah negeri yang ada di Makassar sebanyak 435 dengan total jumlah siswa 312 ribu.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Makassar ini, berharap dengan berlakunya MSSC tersebut, bukan hanya menyajikan informasi akademik, tetapi juga asupan nutrisi anak didik dapat dimonitor. Apalagi, salah satu faktor utama penyebab kanker dari asupan makanan anak-anak didik di sekolah adalah jajan sembarangan lantaran tidak dikontrol.

“Dengan kartu ini, kami berharap jajanan anak-anak di sekolah dapat dikontrol. Apalagi, jumlah uang yang berputar di Makassar yang bersumber dari jajanan anak sekolah sebesar Rp 2,2 triliun jika diasumsikan satu anak sekolah membelanjakan Rp 20 ribu per hari,” beber Ramdhan.

Komentar

Check Also

Pertamina MOR VII Terapkan Work From Home Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran Coronovirus Disease (COVID-19). Pertamina memberlakuan mekanisme …

Share This
Mediawarta