Jangan Sikat Gigi Setelah Makan

MEDIAWARTA.COM – Banyak orang, setelah makan langsung menyikat giginya.Dengan harapan dapat terhindar dari bau mulut. Tahukah kebiasaan itu kurang baik untuk kesehatan?

Meskipun menyikat gigi penting untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Namun para ahli malah memperingatkan jangan menyikat gigi terlalu sering. Karena itu justru berbahaya.

Jika terbiasa langsung menyikat gigi setelah makan atau minum kopi dan minuman lain yang manis atau asam, maka kandungan asam dalam makanan dan minuman dapat larut pada enamel Anda. Akibatnya bukan membersihkan, tapi justru mendorong asam tersebut untuk masuk lebih dalam ke gigi.

Seperti dikutip dari Times of India, menurut Dr Bushra (India Dental Association) mengatakan, menyikat gigi dua kali sehari memang dianjurkan, namun bukan segera setelah makan.

Baca Juga:   Lantamal VI Berlakukan Thermoscan di Pintu Masuk Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Diungkapkan Bushra, menyikat gigi dengan enamel yang sedang melemah justru berbahaya, dan dapat membuat gigi mudah berlubang. Jika Anda merasa risi dan ingin mulut lebih bersih setelah makan, Bushra menganjurkan untuk berkumur saja. Lantas kapan waktu yang aman menyikat gigi?

“Anda dapat menyikat gigi setelah sarapan dan makan malam, namun setidaknya berikan jeda 30 menit untuk menetralkan asam,” papar Dr Anurag Singh, dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi.

Komentar

Check Also

Meningkatkan Kesadaran Penyakit Demensia

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Alzheimer’s Disease International (ADI) memberikan kepercayaan dan penghormatan kepada Indonesia untuk menjadi tuan …

Share This
Mediawarta