Home / SPORT / PSM / Robert Rene Alberts: PSM Makassar bisa menang asal tidak keteteran di babak kedua
Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts (kiri) saat melatih tim PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Jalan Cenderawasih, Makassar, Kamis (14/7/2016). Foto: Twitter @PSMKita.

Robert Rene Alberts: PSM Makassar bisa menang asal tidak keteteran di babak kedua

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Robert Rene Alberts: PSM Makassar bisa menang asal tidak keteteran di babak kedua. Kesempatan bertanding sebagai tuan rumah harus dapat dimanfaatkan betul Pasukan Ramang. Pasalnya, pasca imbang 2-2 melawan tuan rumah Mitra Kukar, 31 Juli lalu, pekan ke-13 Indonesia Soccer Championshio (ISC) A, Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Alberts telah mengevaluasi sejumlah permainan tim saat melawan tim Naga Mekes, julukan Mitra Kukar.

Kendati ada evaluasi akan tetapi komposisi pemain yang akan diturunkannya petang ini, Minggu (7/8) melawan Persegres Gresik United pada pekan ke-14 ISC A, tidak mengalami perubahan yang berarti.

Sebanyak 20 pemain muda, Syaiful dan Muhammad Wasyiat Hasbullah tetap mendapat tempat di lini belakang. Seperti dikutip dari Tribun Timur, Minggu (7/8/2016), Syaiful menjaga gawang PSM Makassar, sementara Wasyiat bersama Ardan Aras, Hendra Wijaya dan Ahmad Sumardi diplot menjaga pertahanan agar tidak kebobolan.

Sementara, untuk menjaga kestabilan lini tengah, Robert masih percaya terhadap kemampuan Rizky Pellu serta dua gelandang jangkar, Rasyid Bakri dan Syamsul Chaeruddin. Adapun Ridwan Tawainella dipasang gelandang bertahan agar mampu menopang kinerja tiga gelandang lainnya.

Sementara itu, di lini depan M Rahmat dan Ferdinand Sinaga dipasang sebagai “goal getter”. Robert menginginkan keduanya bisa kembali mencetak gol seperti yang mereka lakukan di kandang Mitra Kukar pekan lalu.

“Saya ingin ada gol cepat. Kita terapkan permainan menyerang sejak awal pertandingan agar gol cepat itu dapat terjadi,” ujar Robert, usai memimpin latihan tim di Stadion Andi Mattalatta, Jalan Cenderawasih, Makassar, Sabtu (6/8/2016).

Dengan memimpin sejak awal pertandingan, target Robert adalah pemain bisa memimpin dan menguasai laga. Kendati demikian, ia mengingatkan mereka untuk tetap fokus dan konsentrasi selama 90 menit. Pasalnya, permasalahan yang selama ini menghinggapi anak asuhnya adalah selalu keteteran menghadapi perlawanan lawan di babak kedua, sehingga gol-gol lawan selalu terjadi di menit-menit akhir.

Baca Juga:   PSM Makassar Gasak Tamunya Persipura Jayapura 4-0

“Makanya, jika bisa memimpin pertandingan, maka kita unggul selangkah dari lawan dan itu harus dipertahankan hingga pertandingan berakhir,” imbau Roberts.

Meski target menang, Robert mengaku tidak ragu menurunkan Syaiful dan Wasyiat kembali. Dua pemain muda itu layak kembali diberikan kesempatan setelah penampilan gemilang mereka pekan lalu. Menurutnya, kedua pemain itu sangat menjanjikan.

Kendati Liestiadi merupakan mantan asistennya, dan tahu karakternya dalam melatih, Robert tidak khawatir. Sebaliknya, ia senang bisa kembali bertemu dengan Liestiadi.

“Sepak bola terus berkembang, saya akan menerapkan permainan yang lebih taktikal, ia (Liestiadi) pasti akan terkejut dengan permainan tim yang kian meningkat,” bebernya.

Jika menang, PSM Makassar bakal menggeser Persegres yang saat ini berada di peringkat 15 klasemen dengan 13 poin. PSM Makassar sendiri sekarang masih bercokol di peringkat 17 dengan 11 poin.

Sementara itu, pelatih Persegres Gresik United, Liestiadi, mengungkapkan timnya tengah pincang tanpa diperkuat empat pemain pilar yang tengah cedera. Keempat pemain itu adalah Patrick da Silva, Eduardo Maceil, Ambrizal, dan Ghozali Muharam Siregar.

“Meskipun begitu kami tetap optimis terhadap 18 pemain yang kami bawa, apalagi kami ditarget manajemen harus dapat poin di sini,” ujar Liestiadi, Sabtu (6/8/2016).

Sekadar diketahui, Persegres pada dua pertandingan terakhir mampu menahan imbang Mitra Kukar 0-0 dan tuan rumah Bali United 1-1. Inilah motivasi besar mereka dalam lawatan ke Makassar.

Liestiadi menyebut, di tim PSM Maksassar ada beberapa pemain dinilainya memiliki pergerakan yang berbahaya. Di antaranya, Rizky Pellu, M Rahmat, Ferdinand Sinaga, Maldini Pali, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

“Tetapi, tidak ada instruksi khusus saya kepada pemain untuk mereka. Semua pemain PSM Makassar harus diwaspadai,” imbuhnya.

Komentar

Check Also

PSM Makassar mendulang kemenangan tipis 1-0 atas Semen Padang.

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menjamu Semen Padang di Stadion Andi Matalatta, Senin (20/5/2019) malam WIB, PSM …