BPKP Harap Prestasi Ketahanan Pangan Sulsel Dipertahankan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang menerima kunjungan audiensi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 6 Agustus 2024.

Andi Darmawan mengatakan, kehadiran BPKP untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan terhadap program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam satu semester pada tahun ini.

“Yang disampaikan, pengawasan dalam semester satu. Khususnya untuk ketahanan pangan provinsi. Tapi, pada intinya ada lima sektor yang tetap dalam bantuan pengawasan, terkait dengan inflasi, kemiskinan eksrem, stunting, pendidikan, dan kesehatan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pengawasan yang dilakukan oleh BPKP sangat membantu pemerintah untuk melakukan perbaikan dan melakukan akselerasi terhadap pengamanan program pemerintah, khususnya dari lima sektor tersebut.

“Tapi yang jelas tim (BPKP) ini melihat atau meninjau bagaimana kebijakan dan juga dilaporkan bagaimana hal hal yang sudah berjalan sekarang, mungkin kalau ada kekurangan diperbaiki, ada yang sudah jalan tapi masih mau di akselerasi akan diberikan rekomendasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Mohammad Risbiyantoro menjelaskan, pihaknya menyerahkan laporan rutin ikhtisar hasil pengawasan yang dilakukan BPKP Sulawesi Selatan yang telah melakukan ringkasan selama satu semester terkait dengan program pemerintah provinsi yang telah berjalan.

“Kami dari BPKP menyerahkan secara rutin laporan ikhtisar ya ikhtisar pengawasan kami di Sulawesi Selatan ini kepada Pak Pj Gubernur dalam hal ini diwakili Pak Sekda, semacam ringkasan selama satu semester ini apa aja yang kita lakukan, ya kita memberi saran-saran kepada Pemprov. Apa ya istilahnya? rekomendasilah, perbaikan terhadap mungkin permasalahan-permasalahan yang terjadi selama satu semester ini,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, salah satu yang menjadi fokus pengawasan BPKP pada semester satu tersebut yakni terhadap sektor ketahanan pangan. Menurutnya, Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah lumbung pangan, sehingga diharapkan Sulsel bisa mempertahankan kekuatan pangan yang dimilikinya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengawasi terkait inflasi. Prestasi Pemprov Sulawesi Selatan untuk inflasi diharapkan bisa dipertahankan.

“Fokus pengawasan kita Ketahanan Pangan karena di Sulsel ini kan lumbung pangan ya, kami berharap bahwa bisa dipertahankan. Kemudian inflasi. Kami juga berharap prestasi yang sudah di yang sudah dicapai oleh Sulsel ini tetap bisa dipertahankan,” tutupnya.

Comment