Bosowa School Makassar Gelar Pemetaan Kompetensi Guru PAI SMP untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Bosowa School Makassar (BSM) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam, Kamis, (11/5/2023).

Pelaksanaan PK Online PPKB GPAI diikuti oleh ratusan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMP/SMPLB Se-Kota Makassar yang telah memiliki akun SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama). Ujian PK online dilakasanakan di seluruh Indonesia mulai tanggal 3 hingga 11 Mei 2023 berdasarkan jadwal tiap wilayah yang telah ditentukan.

“Pemetaan kompetensi Guru PAI ini guna meningkatkan serta menentukan arah pengembangan keprofesian berkelanjutan Guru PAI di seluruh Indonesia” Jelas Muhammad Warham, S. Ag, M. Pd, Ketua MGMP Provinsi Sulawesi Selatan.

Tujuan pelaksanaan PK Online PPKB GPAI untuk mengukur kompetensi pedagogik Guru PAI berdasarkan KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

Adapun kompetensi yang dinilai yaitu perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Selain itu untuk mengukur kompetensi profesionalitas yaitu menilai pada pendalaman materi substantif PAI, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Pengurus MGMP Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Yusuf menerangkan bahwa setelah tes akan ada perangkingan berdasarkan hasil ujian kompetensi GPAI, harapannya melalui hasil tes ini dapat mengetahui kompetensi guru sehingga dapat dipersiapkan dan diberikan pelatihan yang tepat untuk semakin meningkatkan kemampuan GPAI di Indonesia.

Comment