Pevita Pearce Tumor Payudara, Apa Penyebabnya?

MEDIAWARTA.COM – Kabar mengagetkan datang dari aktris muda penuh prestasi, Pevita Pearce. Lewat akun Instagram-nya, ia mengumumkan dua tahun mengidap tumor payudara. Ada tiga benjolan yang diangkat lewat proses operasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Benjolan yang muncul pada payudara wanita berusia muda umumnya adalah tumor jinak. Namun, belum diketahui apa penyebab pasti munculnya tumor pada payudara. Menurut Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Prof. DR dr Soehartati Gondhowiardjo SpRad (K) Onk mengungkapkan, munculnya tumor jinak pada payudara disebabkan oleh banyak faktor.

Tumor jinak dipengaruhi hormonal dan juga faktor gaya hidup. Hormon yang mempengaruhi adalah hormon estrogen. Adapun gaya hidup meliputi pola makan, aktivitas fisik, dan juga tingkat stres seseorang. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti sering konsumsi junk food, kurang aktivitas fisik, tidak pernah olahraga, merokok, banyak konsumsi alkohol, hingga stress. Inilah yang bisa menyebabkan munculnya benjolan tidak normal di payudara.

Untuk memastikan tumor di payudara bersifat jinak atau ganas, perlu pemeriksaan dengan biopsi atau mengambil sampel jaringan. Biopsi terbaik saat ini adalah dengan cara biopsi jarum halus. Hasil biopsi kemudian akan diperiksa melalui mikroskop.

Secara garis besar, tumor dibedakan menjadi tumor jinak dan ganas. Tumor ganas disebut juga dengan kanker. Berbeda dengan kanker, tumor jinak tidak membahayakan nyawa, dan bisa diatasi dengan tuntas melalui pembedahan.

Comment