Sejarah Ilmu Beladiri Muay Thai

MEDIAWARTA.COM – Tiga tahun terakhir olahraga beladiri Muay Thai sangat populer di kota Makassar. Beberapa pusat pelatihan pun tumbuh bak jamur di musim penghujan. Sebenarnya, bagaimana sejarah dan asal muasalnya?

Muay Thai sebenarnya adalah ilmu beladiri kuno asal Thailand, yang digunakan oleh para pasukan gajah putih kerjaan thailand. Dulu nama ilmu bela diri ini Muay Boran (tinju kuno).

Muay boran adalah sendi bela diri, yang memperbolehkan serangan ke titik vital yang dapat menyebabkan kematian. Karena aturan yang itu, sehingga tidak bisa di kategorikan masuk sebagai cabang olahraga.

Seiring berkembangnya jaman, muncullah evolusi dari Muay boran, yaitu Muay Thai yang bisa di kategorikan cabang olahraga. Para praktisi sudah menghilangkan teknik-tehnik yang di anggap sangat berbahaya, tetapi di kemas dengan olahraga tinju. Secara internasional Muay Thai juga dianggap sebagai Kickboxing, karena teknik pertarungannya hampir sama.

Metode Muay Thai tidak memerlukan senjata, karena tubuh manusia adalah senjatanya. Tangan memukul diumpamakan sebagai anak panah, dan pedang sikut dan lutut diumpamakan seperti suatu kampak, peperangan tulang kering dikondisikan untuk membentur diumpamakan sebagai tongkat, telapak kaki bekerja diumpamakan sebagai tombak.

Muaythai sangat mudah di pelajari karena teknik tehniknya di anggap simple dan efektif, sehingga penyebarannya mudah diterima, termasuk di Indonesia.

Berbagai sumber

Comment