Wujudkan salah satu realisasi Makassar Dua Kali Tambah Baik, Danny raih Adipura Kirana di Riau  

MEDIAWARTA.COM, SIAK – Wujudkan salah satu realisasi Makassar Dua Kali Tambah Baik, Danny raih Adipura Kirana di Riau. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menerima Piala Adipura Kirana yang diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) disaksikan Menteri Kehutanan dan  Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya di Siak, Kepulauan Riau, Jumat (22/7/2016).

Untuk kedua kalinya, Makassar berhasil meraih Adipura. Jika tahun lalu Makassar berhasil meraih Piala Adipura kategori Kota Metropolitan, tahun ini Makassar menerima penghargaan Piala Adipura Kirana kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) RI.

Tantangan Adipura tahun ini jauh lebih berat dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, selain menilai kebersihan kota, Adipura Kirana juga menilai bagaimana satu kota dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya melalui sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi tanpa mengabaikan pelestarian lingkungan.

Meskipun tantangan kian berat, namun Makassar di bawah pemerintahan Wali Kota Makassar mampu mempertahankan Adipura sebagai supremasi tertinggi untuk kebersihan kota selama dua tahun berturut-turut.

Tahun ini, Kementerian KLH RI membagi tiga tingkatan Adipura bagi kabupaten/kota dan provinsi, yaitu Adipura Buana untuk kota yang mampu membuat kotanya liveable, Adipura Kirana bagi kota yang mampu membuat wilayahnya atractive, dan Adipura Paripurna bagi daerah yang mampu meraih Adipura secara berkelanjutan.

Mengenakan batik Lontarak berwarna dasar putih, Danny, panggilan akrab Ramdhan, menerima Adipura Kirana dari tangan JK. Tak ada ekspresi kegembiaraan yang diluapkannya. Ia justru menahan haru karena masih dalam suasana berkabung.

“Piala ini kami persembahkan bagi seluruh warga Kota Makassar, khususnya kepada almarhum Syahruddin AR, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar,” imbuhnya.

Usai penyerahan Adipura Kirana, Ramdhan yang didampingi sejumlah pimpinan SKPD, di antaranya Kadispenda Irwan Adnan, Kadis Sosial Mukhtar Tahir, Kepala BLHD Masri Tiro, Kadis Infokom Ismail Haji Ali, Timpro Kebersihan, dan Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra, serta Kabag Protokol Aswis Badwi memanjatkan doa untuk almarhum Syahruddin AR.

“Insya Allah, dengan amal ibadah dan kerja keras beliau, almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tuturnya.

Ramdhan menambahkan, Adipura Kirana buah kerja keras dan kekompakan warga bersama pemerintah. Tahun depan, ia menargetkan meraih Piala Adipura Paripurna, hal ini memberikan isyarat kepada seluruh jajarannya untuk bekerja dengan speed dua kali lebih cepat untuk implementasi dan realisasi “Makassar Dua Kali Tambah baik”.

Effendy Wongso/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment