Jelang Hari Kemerdekaan, Telkomsel Hadirkan Layanan Internet di Desa Nain

MEDIAWARTA.COM, MINAHASA – Telkomsel memberikan kado istimewa jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kepada masyarakat di Desa Nain – Minahasa, Sulawesi Utara, yang kini dapat menikmati akses intenet. Hadirnya layanan internet ini merupakan hasil upgrade transmisi dan teknologi yang dilakukan pertama kali dilakukan.

General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan “Site Merah Putih di Desa Nain sejak awal menggunakan akses satelit, dan saat ini telah dialihkan ke IP Radio serta teknologinya juga berubah dari 2G ke 4G LTE. Kini, masyarakat setempat bisa mengakses internet sehingga dapat membuka potensi diri dan daerah untuk membantu perkembangan ekonomi dan pariwisata”.

Merah Putih merupakan program pegelaran jaringan telekomunikasi yang digagas oleh Telkomsel masyarakat Indonesia di kawasan tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) yang diharapkan memberikan solusi agar masyarakat di wilayah-wilayah yang belum terjangkau layanan telekomunikasi bisa menikmati layanan telekomunikasi dengan standar kualitas yang sama dengan wilayah lainnya di seluruh Indonesia.

Telkomsel telah hadir di Desa Nain melalui Program Merah Putih sejak 28 Juli 2016. Untuk menjangkau daerah ini, dibutuhkan perjalanan darat dan laut berjam-jam lamanya. Desa Nain merupakan desa pemukiman suku Bajo yang terkenal dengan kemampuan menyelam sebagai pengembara laut dan hidupnya bergantung pada laut. Secara geografis, Desa Nain merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang Taman Nasional Bunaken dan merupakan pulau terjauh yang menjadi kebanggaan masyarakat Minahasa.

“Kami berharap, dengan hadirnya internet di Desa Nain, potensi pariwisata nya semakin dikenal dan mendatangkan banyak wisatawan dan dapat membantu para pelajar di masa pembelajaran online. Kedepannya di Regional Sulawesi secara bertahap, kami akan melakukan hal yang serupa terhadap terhadap 41 site Merah Putih dan 23 site USO”, pungkas Idham.(Mulan)

Comment