Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

MEDIAWARTA, JAKARTA – Kejuaraan dunia FIM JuniorGP 2024 putaran 3 akan diisi pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama. Pebalap andalan Indonesia itu siap berlaga akhir pekan ini, 18-19 Mei (SabtuMinggu), di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Ini adalah momen pertama untuk Arbi setelah melewatkan dua seri sebelumnya di Misano (Italia), dan Portimao (Portugal).

Pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah, itu harus menepi di awal seri FIM JuniorGP 2024 akibat cedera pada lengan kirinya saat menjalani latihan. Arbi harus merelakan tiga race pertama, hingga menjalani operasi di Barcelona, Selasa (16/4) lalu. Kini, setelah dinyatakan pulih oleh dokter, dirinya merasa termotivasi dan siap menjalani balapan dengan semangat baru.

”Saya lebih kuat secara fisik dan mental dibandingkan tahun lalu, tidak sabar rasanya untuk kembali balap. Musim ini dimulai dengan sedikit berbeda dari yang saya harapkan, namun saya siap menghadapi semua putaran yang akan dilaksanakan. Saya bersyukur cedera telah pulih dengan baik, jadi saya dalam kondisi yang baik untuk GP Catalan ini,” ucap Arbi.

Salah satu pebalap terbaik binaan PT Astra Honda Motor (AHM) itu telah telah bekerja keras selama jeda pramusim di Indonesia, hingga berhasil mengatasi masalah cederanya. Memulai balap dengan para pesaing yang sudah cukup beradaptasi akan menjadi tantangan tersendiri. Fase penyesuaian diri akan dijalaninya dengan berharap mendapatkan feeling baik secepat mungkin.

”Saya belum dalam kondisi 100%, namun operasi (cedera)-nya berjalan sangat baik dan saya senang bisa kembali ke lintasan lagi. Saya akan memulai balapan ini dengan fokus memahami karakter ban karena belum banyak mengendarainya. Setelah itu, kami akan melatih kecepatan. Saya akan mencoba yang terbaik,” kata Arbi.

Kendati sulit, pengalaman Arbi selama berkompetisi di Eropa akan menjadi modal kuat dalam menjalani kejuaraan dunia junior Moto3 itu. Kekuatan Arbi adalah kecepatan memahami cara kerja motor dan lintasan. Perubahan pada ban juga akan menjadi tantangan untuk ditaklukkan secepat mungkin.

Modal lainnya, Arbi pernah mencatatkan sejarah di Catalunya tahun lalu di ajang yang sama. Dirinya mampu menorehkan sejarah, berdiri di podium tertinggi untuk pertama kalinya dalam sejarah balap Indonesia. Berbagai modal ini akan menjadi tambahan semangat dan motivasi yang luar biasa.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan dukungan perusahaan terhadap Arbi dan pebalap binaan lainnya yang tampil di berbagai ajang tak pernah kendur. Motivasi terus disuntikkan meski tahun ini perjalanan Arbi di FIM JuniorGP belum sempurna.

”Tugas kami mendukung talenta-talenta muda berbakat untuk meraih mimpi mereka, mengibarkan Merah Putih dan membanggakan Bangsa Indonesia di kancah dunia. FIM JuniorGP menjadi gerbang dan etalase pebalap untuk melaju ke kenjang GP. Semoga Arbi dan AHRT menginspirasi pebalap muda lainnya untuk berjuang yang terbaik bagi bangsa,” ujar Andy.

Dua balapan di Barcelona akan dimulai masing-masing pada pukul 11.00 dan 14.00 waktu setempat, pada hari Minggu. Usai putaran Catalunya, Arbi akan menghadapi empat event JuniorGP lagi, yakni di Portimao, Jerez, MotorLand, dan Valencia.

Comment