Hadapi “New Normal”, MaRI dan Nipah Mall Berlakukan Check-in/out System

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak Pandemi Covid-19, pola dan aktivitas kehidupan masyarakat berubah. Dalam rangka upaya adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman dari Virus Corona, penerapan standar protokol kesehatan diberlakukan secara ketat bagi masyarakat yang beraktivitas di tempat umum maupun di sejumlah tempat usaha dengan memperhatikan arahan dari Pemerintah.

“Sejak awal dan secara konsisten hingga saat ini, seluruh unit dibawah PT. Kalla Inti Karsa melakukan penerapan secara serius terkait protokol kesehatan Covid-19 pada setiap unit – unit utamanya, baik Mal Ratu Indah maupun Nipah Mall. Selain merangkul berbagai elemen dalam upaya pemantauan implementasi protokol kesehatan agar pengunjung dispilin menggunakan masker, menjaga jarak, dan senantiasa menjaga kebersihan area mal hygiene management, pihak pengelola mal juga terus menerus menyiapkan infrastruktur untuk mendukung kehidupan “new normal”, ungkap Marketing and Communication PT. Kalla Inti Karsa, Jesse Rezky Mulia.

“Baru- baru ini kami memberlakukan check in-out system pada unit Mal Ratu Indah, Sabtu, 11 Juli /2020 lalu. Sedangkan untuk Nipah Mall sendiri akan terealisasi dalam waktu dekat ini. Selain sebagai record people counting, secara real time dapat diketahui jumlah pengunjung yang berada dalam gedung dengan suhu tubuh setiap orang. Hal ini memudahkan kami dalam melalukan pengendalian jumlah pengunjung sehingga jarak tetap aman antara satu dengan yang lainnya. Pengunjung pun merasa lebih nyaman dalam melakukan aktifitas berbelanja”, tambahnya.

Petugas keamanan yang berjaga pada setiap akses pintu mal akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan scan barcode sebelum memasuki area mal. Dimana QR code telah terpasang pada setiap akses pintu. Pengunjung melakukan pengisian formulir daring check-in dan setelah itu memperlihatkan kepada petugas. Selanjutnya dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas, kemudian pengunjung menambahkan informasi tambahan berupa data suhu tubuh ke dalam formulir daring check-in tersebut. Hal serupa kembali dilakukan pengunjung mal ketika akan meninggalkan area atau check-out, namun dengan format pengisian yang lebih singkat. Jika pengunjung datang dengan formasi keluarga yang lengkap, cukup diisi oleh satu orang anggota keluarga saja.

Pihak pengelola mal secara bertahap terus melengkapi standar protokol kesehatan yang diberlakukan bukan hanya kepada setiap pengunjung mal, melainkan juga ke setiap manajemen mal, petugas mal, dan karyawan tenant atau mitra bisnis. Memperkuat penerapannya demi mengutamakan keselamatan dan kesehatan banyak orang, sekaligus membantu langkah pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Sehingga aktivitas masyarakat serta dunia usaha dapat tetap berjalan, namun tetap aman dari penularan virus Covid-19.(Mulan)

Comment