Hino Sumbang Simulator Komponen Kendaraan Bermotor kepada ITB

PROGRAM CSR - Hino kembali mengimplementasikan program CSR di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Senin (28/3).

MEDIAWARTA.COM, BANDUNG – Hino Indonesia kembali mengimplementasikan program corporate social responsibility (CSR). Pada kesempatan ini, Hino melaksanakan kegiatan di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Senin (28/3).

Dengan memberikan beberapa komponen utama kendaraan bermotor yang telah dikonversikan menjadi simulator, Hino berharap dapat menunjang proses belajar mengajar mahasiswa. Adapun komponen yang diberikan di antaranya simulator cara kerja differential carrier dan rear axle truck, simulator cara kerja transmisi manual, mesin diesel empat silinder dengan perlengkapannya guna dipergunakan sebagai penelitian dan pengujian pada Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi (FTMD) ITB, leaf spring assy, propeller shaft pada static stand, serta gear box steering.

Komponen-komponen kendaraan bermotor tersebut tersebut diserahkan Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia, J Ralhan kepada Dekan FTMD ITB, Hari Muhammad.

Serah terima yang dilaksanakan di Gedung FTMD ITB, dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik FTMD, Zainal Abidin, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTMD, Ignatius Pulung Nusprasetio, Ketua Program Studi Teknik Mesin, Arief Hariyanto, dan para ketua kelompok keahlian FTMD, staf akademik FTMD, serta manajemen Hino beserta tim CSR.

Selama 30 tahun, Hino telah menjadi bagian dalam pembangunan di Indonesia, berkomitmen untuk tetap memanfaatkan potensi dalam negeri, baik sumber daya industri maupun sumber daya manusia (SDM). Dalam menjalankan operasional usahanya, Hino telah menyerap ribuan sumber daya bangsa Indonesia yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Oleh karena itu, pendidikan merupakan tolok-ukur yang penting untuk menciptakan SDM yang berkualitas, siap bekerja dalam industri. “Semoga kontribusi Hino dapat dimanfaatkan sepenuhnya dengan tujuan makin mendekatkan teori dalam pendidikan, serta praktik nyata dalam industri,” harap Ralhan.

Dengan adanya komponen simulator dari pihaknya, mahasiswa diharapkan dapat memahami secara aktual sistem kerja komponen-komponen utama dari kendaraan bermotor.

Hino juga membuka kesempatan bagi mahasiswa ITB untuk kerja praktik, atau mengembangkan kariernya dalam dunia industri dan bisnis kendaran bermotor.

Kegiatan CSR Hino merupakan kegiatan yang berkesinambungan, dan menjadi kegiatan resmi perusahaan dengan lingkup pendidikan, kesehatan, sosial budaya, perlindungan lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat.

Comment