Keindahan Wisata Bawah Laut Bunaken Manado

MEDIAWARTA.COM, MANADO – Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan sampai tidak menyempatkan diri ke Taman Laut Bunaken. Untuk menuju kesana, dapat melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre di Kecamatan Molas. Jika memilih berangkat dari Pelabuhan Manado, bisa menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Sejak dahulu, Bunaken sudah menjadi tempat wisata favorit para penyelam dan penikmat wisata pantai. Akan tetapi semakin populer, bahkan mendunia, setelah Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana melangsungkan perayaan bulan madu, dengan menikmati keindahan wisata taman laut tersebut.

Pada tahun 2005 lalu, UNESCO menetapkan Taman Laut Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, harus memiliki tanda masuk atau tiket, yang dapat diperoleh di kota Manado, atau juga langsung di Taman Nasional Bunaken.

Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional, yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage, beserta anak pulau yang di sekelilingnya.

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Alam bawah laut Bunaken memang menjadi surga tersendiri bagi penggemar kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi air. Dengan 40 titik selam, tentu akan membuat betah berlama-lama menyelam. Jika tak bisa berenang, tetap bisa menikmati keindahan tempat wisata bawah air, dengan menggunakan kapal selam yang telah didesain secara khusus. Dinding kapal berupa kaca transparan, sehingga bisa melihat pemandangan bawah laut yang luar biasa dengan jelas.

Pemandangan bawah laut Bunaken menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang. Ada lebih dari 150 spesies dari 58 genus ikan dan terumbu karang di kawasan tersebut. Spesies ikan yang umum dijumpai adalah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan sebagainya. Karakter unik Taman Laut Bunaken adalah kedalaman lautnya yang mencapai hingga 1000 meter.

Pada bagian dalam laut, dapat disaksikan berbagai jenis ikan besar, seperti ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga paus. Jika Anda beruntung, dapat dilihat spesies ikan yang tergolong langka dan hampir punah, seperti dugong, kura-kura, dan ikan raja laut (coelacanth).

Karakteristik alam bawah laut di Bunaken adalah adanya Underwater Great Walls, atau disebut juga hanging walls, yang artinya dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang ini adalag sumber makanan bagi ikan-ikan di kawasan Teluk Manado.

Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling dan diving di Bunaken. Harganya mulai dari Rp 150 ribu per orang per hari. Rata-rata, harga penyewaan alat, sudah fixed dan berlaku sama di berbagai tempat penyewaan di Bunaken. Dengan Rp 150 ribu, sudah mendapatkan peralaan snorkeling, seperti masker, sepatu katak, dan wetsuit.

Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, dapat membayar sebesar Rp 350 ribu. Untuk mendapatkan pemandu snorkel, dikenai biaya yang sama besarnya dengan biaya sewa peralatan snorkeling. Jika belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), pemandu siap mengajari teknik-teknik menyelam.

Sebenarnya, hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja,  sudah menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik. Sebab, tempat wisata di Manado ini memang memiliki panorama pantai yang indah. Air lautnya yang kehijauan, panorama alam sekitar laut di Bunaken akan meninggalkan kesan yang kuat.

Apabila lelah, di sekitar pantai banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan khas Manado, seperti buah kelapa muda. Beberapa akomodasi hotel di kawasan Bunaken sudah tersedia dengan berbagai pilihan.

 

 

Comment