Foto: Huffington Post

Mau Lancar Traveling ke Luar Negeri? Ini Tipsnya

MEDIAWARTA.COM – Saat sedang traveling, hal-hal yang terkesan sepele bisa menentukan. Artinya, bisa saja ada hal tidak terduga yang dapat mengganggu rencana berlibur Anda, begitu pula sebaliknya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak mengenakkan tersebut, seperti dikutip dari readerdigest.co.id, perlu memperhatikan beberapa hal berikut, khususnya yang sudah siap ingin bepergian ke luar negeri.

Perhatikan Kurs dan Kartu Kredit

Kurs terbaik sering hanya bisa diperoleh jika menggunakan kartu kredit. Tanyakan beberapa hal ini kepada bank Anda, berapa kisaran kurs mata uang di negara tujuan Anda. Apakah ada biaya tambahan terkait penggunaan kartu kredit di negara tujuan, jika ada berapa persen? Tanyakan juga bank-bank apa saja yang menjadi rekanan bank di negara Anda. Hindari pembengkakan biaya karena mengambil uang di sembarang ATM. Selanjutnya, di negara tujuan ketika hendak membayar tagihan restoran atau hotel, jangan meminta mereka untuk mengkonversi ke dolar. Biasanya, itu menjadi preseden buruk.

Simpan Kartu Nama Hotel

Ini adalah hal pertama yang mesti Anda minta saat tiba di hotel. Banyak negara di dunia dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris, tetapi jangan ambil risiko itu, Lagi pula, akan lebih memudahkan jika Anda dapat menunjukkan kartu nama itu pada sopir taksi atau warga setempat.

Bawa Obat-obatan

Selalu persiapkan penutup mata atau telinga bersama tas obat-obatan. Anda tidak akan pernah tahu hotel seperti apa tempat Anda menginap, dan seperti apa lingkungan di sekitarnya. Sediakan obat-obatan penting, seperti obat alergi, obat penghilang rasa sakit, atau obat diare. Beberapa negara menggunakan bahasa yang sama sekali asing untuk penyakit dan obat-obatan.

Pantau Google Maps

Jika Anda merupakan orang yang amat mengandalkan peta di telepon genggam saat traveling, pastikan memiliki cadangan. Masukkan lokasi Anda berada dan lokasi-lokasi tujuan. Tandai rute-rutenya, lalu lakukan screen capture. Ketika Anda tiba di daerah yang susah sinyal, atau ketika gadget kehabisan baterai, hal tersebut akan menyelamatkan Anda.

Gunakan Maskapai Lokal

Jika Anda ingin bepergian dari satu daerah ke daerah lain di negara yang sama, coba cek maskapai lokal sebagai perbandingan. Sering terjadi, mereka menawarkan harga lebih murah ketimbang maskapai luar negeri. Selain itu, Anda juga akan membayar dalam mata uang lokal, bukan dolar. Selisihnya cukup lumayan.

Manfaatkan Uang yang Tidak Terpakai

Punya uang sisa saat hendak kembali pulang? Minta pihak hotel untuk memasukkannya pada pembayaran Anda. Tidak perlu membawa pulang uang-uang sisa itu. Selain tidak laku di negara Anda, uang-uang tersebut juga berpotensi terpengaruh kurs mata uang.

Komentar

Check Also

Air Terjun Batulappa surga yang eksotis di Kab. Barru

MEDIAWARTA.COM, BARRU – Air Terjun Batulappa merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten …

Share This
Mediawarta