Wakatobi surga bawah laut Indonesia

MEDIAWARTA.COM, WAKATOBI – Keindahan pemandangan bawah laut Wakatobi membuat para pencinta diving betah berlama-lama di dalam laut. Tidak berlebihan jika para pelancong menyebut Wakatobi surga bawah laut Indonesia.
Wakatobi, kependekan dari nama empat pulau; Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko, tidak hanya indah di bawah laut dan mempesona di sekujur daratannya, tapi juga dihuni masyarakat kaya tradisi dan budaya. Di Pulau Wangi-wangi, misalnya, ada permukiman masyarakt gipsi laut Suku Bajo.
Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang menjadi satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia menargetkan 40.000 pengunjung tahun 2017.
Nadar, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi mengungkapkan Kebijakan Pemerintah Pusat tersebut, Dia menambahkan, konsekuensinya pengembangan dan pemasaran pariwisata Wakatobi ke depaannya juga menjadi urusan Pemerintah Pusat. “Kami optimistis ada peningkatan kunjungan wisatawan ke depannya,” katanya.
“Kami berani memasang target 40.000 kunjungan tahun 2017, terkait ditetapkan Wakatobi menjadi satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia oleh Pemerintah Pusat,” sambung Nadar.
Dasar laut Wakatobi dihuni sebanyak 750 jenis terumbu karang, kata dia alam bawah laut Wakatobi juga menjadi habitat bagi 942 jenis ikan dan biota laut lainnya. Tumbuh dan berkembang obyek wisata itu, memberikan kontribusi cukup besar bagi kegiatan perekonomian masyarakat di kawasan pantai itu.
Wakatobi menawarkan dan mengandalkan obyek wisata alam bawah laut yang memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya bukan saja wisatawan nusantara juga mancanegara.
“Industri perhotelan dan restoran optimistis tumbuh dan berkembang ke depannya,” katanya dan menambahkan tak kalah pentingnya warga pesisir pantai juga ikut berkembang usahanya.
Sebagai destinasi prioritas, pemerintah terus membangun Wakatobi agar mudah diakses wisman. Saat ini Bandara Matahora telah didarati berbagai maskapai yang membawa wisatawan dari Makassar dan Kendari.

Comment