Dubes Kroasia Beri Kuliah Umum di Unhas: Sektor Pendidikan Banyak Bisa Dikolaborasikan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Seeking Potential Collaboration Between Hasanuddin University and Croatian Higher Education Institution”. Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari etase pemerintahan kroasia tersebut berlangsung mulai pukul 15.00 Wita di Ruang Senat Lt 2, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Jumat (07/06).

Hadir sebagai narasumber yakni H.E.Mr. Nebojsa Koharovic, M.Sc., (Accredited Extraordinary and Plenipotentiary Ambassador of The Republic of Croatia to the Republic of Indonesian and ASEAN), Dr. Petar Mihatov (Director General of the Ministry of Foreign and European Affairs of the Republic of Croatia) dan Munafri Arifuddin, SH (Honorary Consulate of Croatia for Makassar).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada delegasi kroasia di Unhas. Dirinya banyak memberikan gambaran tentang Unhas secara umum.

Prof JJ juga menekankan pentingnya menjalin hubungan kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi terkemuka termasuk di Kroasia. Menurutnya, ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan akademik dan budaya kedua negara.

“Terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan. Unhas merupakan perguruan tinggi dengan berbagai capaian yang dimiliki. Saat ini ada mahasiswa Unhas yang mengikuti program IISMA di salah satu universitas di Kroasia. Kita harapkan pengembangan kemitraan bisa terus dilakukan bersama Unhas,” jelas Prof JJ.

Setelah sambutan pembuka, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dari para narasumber. Petar Mihatov mengatakan keyakinannya akan potensi kolaborasi yang dapat dilakukan, khususnya dalam memperkuat hubungan akademik antara Kroasia dan Indonesia termasuk Unhas.

Tidak hanya itu, dirinya juga memberikan gambaran tentang kroasia termasuk dalam bidang pendidikan.

Comment