Bosowa School Green Festival 2023 Digelar, Diharap Tumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak, rangkaian kegiatan Bosowa School Green Festival 2023 laksanakan berbagai aktivitas pelestarian lingkungan, Minggu, 12 Maret 2023.

Kepala sekolah Bosowa School Makassar, Mirna Kartika menjelaskan kegiatan yang digelar untuk peserta tingkat SD se-Kota Makassar ini bertujuan untuk mengajak anak-anak mulai peduli lingkungan dari diri sendiri kemudian peduli lingkungan sekitar yaitu dari rumah dan sekolah.

Peserta yang diikuti oleh puluhan siswa SD ikut dalam kegiatan menanam pohon sebagai upaya penyelamatan bumi dari pemanasan global dan juga kerusakan lingkungan. Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dan Bosowa Peduli memberikan150 bibit pohon untuk ditanam di lingkungan sekolah dan juga dibagikan kepada peserta untuk dapat ditanam di rumah.

Bosowa School bekerja sama dengan UPT Bank Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, dan Bosowa Peduli gelar kegiatan fun plogging sepanjang daerah sekolah dan sekitarnya, kemudian dilanjutkan dengan edukasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya yaitu organik dan non organik.

Setelah itu, peserta kegiatan dibina oleh Faisal Baso (Direktur Bank Sampah) untuk memilah sampah dan Monica Ayu (Bosowa Peduli) untuk mengolah sampah menjadi kompos dan pembuatan biopori yang nantinya dapat peserta lakukan di lingkungan rumah atau sekolah.

“Harapannya anak-anak tidak hanya tau bagaimana cara memilah sampah, namun juga dapat mengolah sampah daur ulang menjadi bermanfaat untuk lingkungan” jelas Faisal.

Seiring dengan momentum kegiatan ini, Bosowa School melaunching Bank Sampah Unit Bosowa School dengan nama “4Green”. Yang dilanjutkan dengan penimbangan sampah pertama dan pengisian buku tabungan untuk unit sekolah.

Untuk mewujudkan gerakan memilah sampah ini, sekolah telah menyediakan tempat sampah terpisah berdasarkan klasifikasi jenis sampah. Nantinya sampah akan dikumpulkan dan disetor ke Bank Sampah Induk Makassar sehingga sampah bisa di daur ulang kembali. Melalui proses pengolahan sampah ini anak tidak hanya akan belajar mengenai pelestarian lingkungan tapi juga memperoleh manfaat ekonomi.

Comment