Owner Travel Hokky, Robert Santoso.

Owner Travel Hokky: Kesabaran Kunci Sukses Memulai Bisnis Travel

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sabar, ikhlas, serta sikap optimistik yang selalu ditunjukkan Robert Santoso, kini membuahkan hasil. Memang, apa yang diraihnya saat ini tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak aral yang merintangi jalannya saat memutuskan untuk mandiri dengan membuka usaha travel di 2005 lalu.

Hal itu diakui pemilik nama Mandarin Peng Jian Ming ini, saat ditemui beberapa waktu lalu pada salah satu acara yang diselenggarakan Garuda Indonesia di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar.

Dijelaskan, selama membesarkan travelnya, ia tak berjalan sendiri, namun juga disokong istrinya, Oei Su Tjing.

“Selama ini, kami menjalani usaha ini dengan ikhlas, mulai dari kecil hingga dapat sebesar ini. Tentu saja, usaha saya tidak dapat berjalan dengan baik tanpa bantuan istri saya, yang mendukung di masa-masa sulit saat awal merintis Travel Hokky ini,” ungkap pria kelahiran Makassar, 7 Maret 1972 ini.

Penamaan usaha travelnya yang ditera “Hokky”, sebut Robert, sebenarnya cukup unik lantaran ia terinspirasi salah satu kartu Telkomsel, yakni Kartu Hokky pada tahun 2003-2005 lalu.

“Saya dulu bekerja dengan Telkomsel, sehingga nama inilah yang saya gunakan sebagai label dari bisnis travel yang saya geluti bersama istri,” bebernya.

Lepas dari hal tersebut, bagi pemilik shio Tikus ini, semua pekerjaan wajib dilakoni dengan tekun. “Semuanya berawal dari ketidaktahuan, tetapi karena terus belajar pada akhirnya akan membuahkan keberhasilan. Jadi, suatu pekerjaan yang dilakukan secara tekun, niscaya akan dapat survive atau bertahan,” imbuh pengidola tokoh proklamator Soekarno ini.

Ayah empat orang anak mengungkapkan, ia dan keluarganya sudah dapat memetik buah keberhasilan ketekunan dan kerja kerasnya dari usaha travel. “Berkat usaha travel inilah, kami sudah sempat keliling dunia. Ini memang insentif dari kerja keras kami, dan siapapun dapat merasakannya asal tekun dan serius menjalani usahanya,” pesannya.

Robert memang tak segan menularkan motivasi bagi pengusaha muda yang ingin merintis usaha serupa, sebab dari hasil ketekunannya, ia sudah dapat melakukan perjalanan di negara-negara berdestinasi wisata eksotik seperti Palestina, Yordania, Perancis, Jerman, Belgia, Belanda, dan Italia.

“Beberapa negara di Asia, apalagi, sudah pernah kami jejaki dari hasil usaha travel ini. Nah, ini semua bisa juga dinikmati oleh siapa saja yang tekun menjalani usaha seperti kami,” terangnya.

Penyuka segala jenis kuliner mie ini mengaku, selain tekun, ia juga banyak belajar dan berinteraksi dengan orang di sekelilingnya. “Sambil menjalankan bisnis, saya biasanya mempelajari hal-hal yang tidak saya ketahui sebelumnya, tentunya juga banyak berkomunikasi dengan orang lain dengan orang lain,” urainya.

Menyudahi percakapan, Robert sekali lagi berpesan agar seseorang, khususnya yang tengah merintis usaha, apapun jenisnya, harus memiliki sifat sabar, ikhlas, dan tak cepat berputus asa.

“Jalani bisnis dengan ulet dan tekun, tetap optimis sebab apapun bisnis yang dijalankan, memiliki tantangan tersendiri. Kalau bisa melewati itu, maka tentu kita bisa survive hingga ke tingkat keberhasilan,” imbaunya.

Novianti/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

Air Terjun Batulappa surga yang eksotis di Kab. Barru

MEDIAWARTA.COM, BARRU – Air Terjun Batulappa merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten …

Share This
Mediawarta