Momen RAFI 2023, Telkomsel Regional Sulawesi Prediksi Trafik Layanan Data Tumbuh 8,52 persen

Konferensi pers RAFI 2023 di Gedung Telkomsel Makassar. Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR –  Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023), Telkomsel Regional Sulawesi terus mempertegas peran sebagai digital society enabler, melalui sejumlah program serta aktivitas yang telah dipersiapkan.

Dengan mendorong semangat ‘Nyalakan Kebersamaan’, Telkomsel berharap dapat terus membuka lebih banyak peluang,  dalam mendampingi kehangatan aktivitas dan silaturahmi masyarakat di sepanjang momen RAFI 2023.

General Consumer Sales Telkomsel Regional Sulawesi, Andri Kurniawan mengatakan, mengusung tema ‘Nyalakan Kebersamaan’, pihaknya berharap dapat mendorong semangat kebaikan yang penuh kehangatan.

“Telkomsel sendiri terus mengambil peran terdepan, mempersiapkan berbagai inisiatif aktivitas perusahaan, guna memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah di bulan suci yang penuh keberkahan, melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan,” sebutnya.

Dalam upaya mendampingi pelanggan pada momen RAFI 2023, Telkomsel menghadirkan beragam promo produk dan layanan gaya hidup digital terkini, yang customer centric.

Beragam promo khusus dari Sales Program, meliputi penjualan produk prepaid, recharge regular and data package, Halo+ and nomor cantik, lucky wheel (pembelian min.100k produk Telkomsel). Dari Service Activity terdiri dari 4G uSIM Migration, registrasi prabayar, sosisalisasi dan edukasi MyTelkomsel, layanan MyGraPARI dan redeem Telkomsel Poin.

Kemudian dari sisi Device Bundling, Telkomsel menghadirkan 4G Device Bundling dan aktivasi Orbit, serta Digital Broadband berupa paket sales digital dan game competition, dan yang terbaru di RAFI 2023, hadirnya Indihome.

Telkomsel memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama RAFI 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.

Telkomsel telah menyiagakan 34 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 3.391 Mitra Outlet, 24 TAP dan 165 Direct Sales  di Regional Sulawesi, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga, yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik, untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline (walk-in).

Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel, telah difokuskan pada 18 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara.

POI tersebut mencakup 1 area residensial, 13 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), serta 4 masjid raya.

Kementerian Perhubungan RI, secara nasional telah memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang, atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Telkomsel sendiri juga memproyeksikan,  akan ada pergerakan yang cukup signifikan, terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023. Untuk trafik layanan data/ broadband, diperkirakan melonjak hingga 8,52 persen.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan, dari pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023, seperti layanan streaming video tumbuh 8,6 persen, layanan mobile gaming naik 68,9 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 20,9 persen.

Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 5,69 persen, serta layanan pesan singkat (SMS) turun sekira 11,66 persen.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir mengatakan, penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan yang mendukung 18 POI juga telah dilakukan, melalui peningkatan kapasitas 651 BTS 4G/LTE dan 6 BTS 5G.

Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur, telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 91 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini.

Telkomsel juga senantiasa mengoptimalkan kemanfaatan perusahaan, dalam membantu mengatasi tantangan sosial ekonomi, dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat, melalui sejumlah aktivitas CSR.

Serangkaian kegiatan berbagi kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan akan digelar Telkomsel, antara lain dengan penyerahan bantuan kepada 56 masyarakat duafa dalam kondisi sakit/ penyandang disabilitas, 56 guru mengaji, 360 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/ sahur gratis, 400 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 57 masjid / 280 yayasan duafa /disabilitas/ panti jompo.

Comment