OJK Gelar Seminar Nasional Bahas Peluang Perdagangan Karbon di Indonesia

Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 6 Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (OJK KR6 Sulampua) memfasilitasi seminar nasional yang membahas peluang perdagangan karbon di Indonesia.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadari Seminar Nasional bertajuk “Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon di Indonesia.

Dalam seminar yang berlangsung di Makassar pada tanggal 28-29 Agustus 2023 tersebut, Andi Sudirman menyampaikan apresiasinya terhadap upaya sosialisasi dan edukasi terkait regulasi perdagangan karbon yang difasilitasi Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 6 Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (OJK KR6 Sulampua) di Makassar.

Menurutnya hal itu perlu dilakukan hingga ke tingkat akar rumput, sebagai salah satu peluang pendapatan baru yang tidak merusak lingkungan.

“Kami sangat berkesan dengan kegiatan teman-teman OJK, mengingat peluang perdagangan karbon di Sulsel cukup besar dan hal ini bisa menjadi sumber pendapatan green economy masyarakat,“ ungkap Gubernur Sulsel, Senin (28/08/2023).

Sementara itu, Kepala OJK KR6 Sulampua, Darwisman mengatakan, terkait perdagangan karbon di Indonesia, OJK sudah menyusun regulasi dan kini tahap implementasi.

Dirinya juga melihat potensi di Sulel dalam perdangan karbon cukup luar biasa mengingat luasan garis pantai mencapai 2.000 kilometer yang dapat menjadi lokasi budidaya rumput laut.

Seminar Nasional ini adalah inisiasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelumnya telah digelar di Surabaya dan Balikpapan. Sulsel merupakan kota ketiga penyelenggaraan seminar yang berlangsung 28-29 Agustus 2023.

Menurut Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 6 Sulawesi, Maluku, Papua, Darwisman, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kondisi lingkungan dan upaya pengurangan emisi gas rumah kaca dan bagaimana melihat peluang perdagangan karbon di Indonesia

Comment