Teman UMKM Smartfren, Ajak Usaha Lokal Makassar Naik Kelas Pakai Teknologi Digital

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Smartfren membuka kelas pelatihan digital Teman UMKM Naik Kelas khusus untuk pelaku usaha lokal Makassar. Pelatihan tersebut diharapkan dapat memperkuat usaha lokal dengan berbagai kemampuan digital; antara lain dalam konteks pengoperasian, strategi dan pemanfaatannya dalam mendukung penjualan mereka.

Dani Akhyar, Head of Corporate Communications & CSR Smartfren mengatakan, “Teman UMKM merupakan wujud dari filosofi bisnis Panca Garda Smartfren, yaitu Garda Pertumbuhan. Lewat pelatihan ini kami mengajak para pelaku usaha lokal di berbagai daerah untuk naik kelas, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, semakin kompetitif, serta meningkatkan kualitasnya.”

Program UMKM Naik Kelas dijalankan melalui kolaborasi antara Smartfren Community Makassar dan Pemerintah Daerah Makassar. Pada saat pendaftaran dibuka, terdapat 162 UMKM yang mendaftarkan diri. Namun hanya 70 UMKM saja yang lolos seleksi dan dapat mengikuti pelatihan intensif.

Sesi pelatihan akan berlangsung selama 3 bulan dengan melibatkan pemateri yang memiliki keahlian di bidang digital, keuangan, dan lainnya. Adapun para materi dan pemateri tersebut adalah Khaerul Umam, Manager Inkubator UMKM Kota Makassar yang akan menjadi mentor untuk sesi networking; Akhmad Furqan, Praktisi Pemasaran Digital yang akan menjadi mentor untuk pembuatan konten media sosial; serta Nurfadillah, Konsultan Keuangan yang akan menjadi mentor untuk strategi dan literasi keuangan UMKM.

Sejumlah 70 UMKM telah lolos dalam seleksi pendaftaran. Pada akhir program, 5 UMKM terbaik berkesempatan memperoleh dukungan dana pengembangan dari Smartfren. Selain itu tersedia juga 1 unit smartphone untuk UMKM terbaik dari sisi pembuatan konten.

Kegiatan pelatihan ini terbuka untuk UMKM yang berdomisili di Makassar, telah memiliki legalitas usaha, bukan kegiatan reseller dan menjalankan usaha minimal 6 bulan. Ikuti Instagram resmi @smartfrencommunity untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau mendaftar program Teman UMKM.

Sebelumnya, Smartfren juga telah sukses menyelenggarakan program Teman UMKM di sejumlah wilayah, antara lain di Kabupaten Bandung Barat, Cirebon, Tangerang Selatan, Depok, Cilacap dan Yogya.

Comment