Home / EKOBIS / Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar Gelar Lomba UKM Antar Lorong

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar Gelar Lomba UKM Antar Lorong

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar event Lomba UKM antar lorong. Kegiatan rencananya akan dimulai tahap sosialisasi pada 22-27 April 2016, kemudian dilanjutkan tahap pengumpulan berkas pada 28 April 2016.

Proses pengumpulan berkas dipusatkan di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Makassar. Dari total peserta yang masuk, nantinya akan disaring UKM terbaik untuk masuk ke tahap final.

Di tahap ini, 7 Mei, para peserta yang lolos harus mempresentasikan produk UKMN-nya di hadapan dewan juri. Dari tahap ini, nantinya dewan juri akan memilih siapa UKM yang akan keluar sebagai pemenang untuk mendapat UKM Award.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Enra Efni dalam rapat persiapan kegiatan lomba UKM antar lorong di ruang kerjanya, Rabu (20/4).

Menurutnya, Lomba UKM antar lorong bertujuan untuk penguatan dan peningkatan produktivitas UKM di Kota Makassar. “Artinya, UKM yang ada saat ini kami bimbing dan diberi fasilitas agar produk yang mereka hasilkan mampu menjadi komoditas siap ekspor,” alasannya.

Selain itu, Dinas Koperasi Kota Makassar juga senantiasa bersinergi dengan misi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto untuk menjadikan UKM Kota Makassar dua kali tambah baik.

Baca Juga:   PT Imza Rusli Jaya, Terangi Indonesia Timur, Lewat Program Indonesia Terang

Enra menambahkan, pihaknya membuka kesempatan untuk peserta yang ingin ikut lomba UKM antar lorong in. “Persyaratannya, peserta cukup mengisi formulir yang disediakan panitia. Formulir dapat diperoleh di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Balai Kota Makassar. Selanjutnya, peserta melengkapi berkas pendukung seperti fotokopi KTP, foto tempat usaha, dan foto produk barang yang dihasilkan,” ulasnya.

Setelah kelengkapan sudah siap, nantinya akan ada proses pengumpulan berkas yang semuanya akan dipusatkan di Kantor Balai Kota Makassar. “Semua yang sudah melengkapi berkasnya, akan langsung diwawancarai tim verifikasi yang sudah kami siapakan. Dari total berkas UKM yang terkumpul, nantinya kami akan memilih siapa yang akan masuk tahap final,” imbuhnya.

Adapun kriteria untuk masuk tahap final, sebut Enra, akan dinilai dari kelengkapan berkas serta proses survei lokasi usaha mereka. “Untuk penentuan juara, mereka yang lolos ke tahap final harus mempresentasikan keunggulan produk UKM yang mereka hasilkan di hadapan dewan juri,” paparnya.

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …