Pertamina Patra Niaga Sulawesi Gelar UMK Academy 2024 untuk Tingkatkan Kompetensi Pelaku Usaha

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi kembali menggelar UMK Academy 2024 Kelas Lanjutan, sebuah program yang bertujuan mendukung Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di wilayah tersebut.

Acara ini diselenggarakan pada 17-18 Juli di Aula Bright Gas, kantor Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi.

UMK Academy pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan sejak itu mendapatkan respons positif dari para pelaku UMK.

Tahun ini, Pertamina melakukan inovasi dengan mengadakan Kelas UMK Academy Skala Regional untuk menyaring UMK potensial yang akan melangkah ke tahap Nasional.

Pertamina telah berhasil membawa ribuan UMK dari seluruh Indonesia naik kelas melalui berbagai inisiatif seperti Go Digital, Go Online, Go Modern, hingga Go Global.

Pada pelatihan kali ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melibatkan 83 peserta yang telah lolos pada pelatihan kelas I di akhir Juni lalu, dari total 139 peserta UMK yang tersebar di Sulawesi.

Fahrougi Andriani Sumampouw, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, menyatakan, “Tahun ini kami mengambil tema Energi Baru Menuju UMK Maju. Melalui UMK Academy 2024, kami berkomitmen mendukung pengembangan UMK secara berkelanjutan untuk memberdayakan pelaku usaha mikro kecil secara optimal.”

Pelatihan ini melibatkan beberapa narasumber dan praktisi ahli, dengan empat silabus utama: kunci mengelola usaha unggul, panduan usaha produktif, cara jitu pelanggan puas, dan membangun relasi usaha. Pelatihan berlangsung selama dua hari.

“Pelatihan kelas II ini merupakan tahapan terakhir menuju Skala Nasional. Output yang diharapkan adalah peserta dapat naik kelas ke level nasional, bersaing dengan UMK lainnya dari seluruh Indonesia. Pemenang akan mendapatkan akses tambahan berupa hibah alat tepat guna untuk meningkatkan produktivitas UMK,” tambah Fahrougi, Rabu (17/7/2024).

Amin Hamdat, SE, MM, CPHCM, salah satu praktisi ahli bidang manajemen, mengapresiasi antusiasme para peserta, “Antusias peserta luar biasa. Harapannya, hasil pelatihan ini dapat diaplikasikan untuk mengembangkan usaha mereka lebih maju lagi.”

Sementara itu, Mayang Azkia, pemilik UMK Porei Store, menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap pelatihan ini, “Dengan kegiatan ini, kami pelaku usaha bisa memetakan peluang dan ancaman bisnis, mengetahui target dan segmen dengan jelas, serta mengelola usaha lebih baik lagi.”

Comment