Guru Besar FAH Jadi Narasumber Podcast, Bahas “Kepemimpinan To Manurung dalam Budaya Bugis Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr M Dahlan M Ag menjadi narasumber podcast yang membahas tentang Kepemimpinan To Manurung dalam Budaya Bugis Makassar, Jumat (17/5/2024).

Podcast yang disiarkan secara langsung melalui chanel YouTube “Catatan Jurnalis Sukriansyah” itu, dipandu oleh Dosen Universitas Hasanuddin Dr Supa Athana.

Dalam ulasannya, Prof Dahlan menjelaskan bahwa To Manurung merupakan sosok pemimpin legendaris dalam budaya Bugis Makassar.

“To Manurung digambarkan sebagai sosok yang turun dari langit, yang diyakini membawa peradaban dan tata pemerintahan bagi masyarakat setempat,” ucapnya.

Kepemimpinan To Manurung, menurut Prof Dahlan, sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal yang relevan hingga saat ini.

“To Manurung bukan hanya pemimpin politik, tetapi juga pembawa nilai-nilai budaya dan spiritual. Kepemimpinannya didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan, kebijaksanaan, dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Lanjut, Guru Besar Bidang Sejarah Peradaban Islam itu mengatakan, prinsip-prinsip kepemimpinan To Manurung dapat diadaptasi dalam konteks modern.

“Pemimpin masa kini harus mengedepankan keadilan, kebijaksanaan, dan pelayanan kepada masyarakat,” Ia mengakhiri.

Comment