HUT Ke-67 Tahun 2024 Kodam XIV/Hasanuddin, Gelar Penanaman Pohon dan Mangrove Secara Serentak di Wilayah Teritorialnya

MEDIAWARTA, MAKASSAR РDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Tahun 2024, Kodam XIV/Hasanuddin menggelar penanaman Pohon dan Mangrove secara serentak di seluruh jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) dan Batalyon di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin yakni di wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar. Sabtu, (25/05/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal 21 hingga 25 Mei 2024, sebagai salah satu upaya Kodam XIV/Hasanuddin dalam mewujudkan penghijauan dan perlindungan terhadap abrasi pantai di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Selama pelaksanaan kegiatan, seluruh prajurit Kodim dan Batalyon jajaran Kodam XIV/Hasanuddin bersama masyarakat setempat turut serta dalam penanaman pohon dan bibit mangrove di berbagai lokasi.

Sebanyak 21.421 pohon dari puluhan jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon Mangrove, Sukun, Manggis, Durian, Mangga, Advokat, Kopi, Jeruk, Rambutan, Pete, Kelapa, Nangka, Pisang, Pepaya, Jengkol, Suren, Sengon, Jabon, Mahoni, Jati Merah, Jati Putih, Jati Super, Beringin, Trembesi, Kayu Gaharu, Kayu Bitti, Kayu Bayam, Pucuk Merah dan Ketapang.

Antusiasme dan partisipasi aktif dari masyarakat menjadi kunci keberhasilan kegiatan ini. Selain itu, kolaborasi dengan berbagai instansi pemerintah, organisasi lingkungan dan komunitas setempat turut memperkuat dampak positif dari kegiatan penanaman pohon dan mangrove ini.

Kegiatan ini mencerminkan wujud nyata dari komitmen Kodam XIV/Hasanuddin dalam mensukseskan salah satu program unggulan TNI AD yaitu Bersatu Dengan Alam untuk NKRI.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar maupun pesisir semakin meningkat. Selain itu, diharapkan pohon-pohon dan mangrove yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, memberikan manfaat jangka panjang bagi kelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Comment