5 Tim Mahasiswa Fakultas Vokasi Unhas Raih Juara OLIVIA 2023 UNS

MEDIAWARTA, SOLO – Tim Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin meraih prestasi membanggakan dalam Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2023 yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. Sejumlah medali pada beberapa kategori berhasil diperoleh delegasi Fakultas Vokasi Unhas. Kegiatan yang mengusung tema “Pendidikan Vokasi dan Penguasaan AI untuk Mendukung Ketahanan Pangan dan Ketahanan Energi” tersebut berlangsung mulai Jumat hingga Sabtu (24-25/11) di Ballroom Gedung Ki Hajar Dewantara Tower UNS.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI), dimana ini adalah tahun kedelapan penyelenggaraan OLIVIA. Terdapat 19 cabang lomba dengan total peserta yang berpartisipasi sebanyak 1.068 dari 72 perguruan tinggi vokasi dari 16 provinsi. Setelah melalui proses seleksi, hanya 310 finalis dari 26 perguruan tinggi vokasi yang berasal dari 9 provinsi berhasil lolos.

Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin mengikutkan 50 tim dalam lomba tersebut dan 7 tim berhasil lolos pada tahap final dan berada pada peringkat ketiga dengan tim terbanyak yang lolos pada tahap final. 7 tim tersebut berasal dari cabang lomba Subtitling Bahasa Inggris (1 tim), Iklan Layanan Masyarakat (2 tim), Animasi Pendek (1 tim), Feature Dokumenter (1 tim), Formulasi Pakan Ternak (2 tim).

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menjelaskan 5 tim berhasil mendapatkan medali dari kontingen Fakultas Vokasi Unhas. Dirinya menyatakan rasa bangga dan senangnya atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa Vokasi Unhas. Prof Restu mengharapkan agar hal ini dapat memacu semangat mahasiswa lainnya untuk berkarya mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Prestasi-prestasi yang telah mahasiswa Fakultas Vokasi raih ini, diharapkan dapat terus memacu mahasiswa kami untuk terus berprestasi agar dapat mengharumkan nama Fakultas Vokasi Unhas ke depannya baik secara nasional maupun internasional serta berkontribusi kepada negara Indonesia,” jelas Prof Restu.

Adapun delegasi Fakultas Vokasi yang meraih juara yakni:

1) Animasi Pendek:\- Juara Harapan 2 (Tim Wixy – Destinasi Pariwisata)

2) Iklan Layanan Masyarakat:

– Juara 1 (Tim Caninus – Terapi Gigi)
– Juara 3 (Tim Sulapa Eppa – Terapi Gigi & Agribisnis Pangan)

3) Formulasi Pakan Ternak:

– Juara 3 (Tim Vosid – Tek. Produksi Ternak)
– Juara Harapan 2 (Tim Waplefeed – Tek. Pakan Ternak).

Comment