Wakil Dekan lll FST UIN Makassar Jadi Narasumber Leadership Training di Ponpes Al-Ikhlas Ujung Bone

MEDIAWARTA, BONE – Wakil Dekan lll Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr Ar Ir Zulkarnain AS, S T M T IAI menjadi narasumber dalam kegiatan Leadership Training di Ponpes Al-Ikhlas Ujung Bone, Kamis 23 Mei 2023.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan pondok pesantren. Dengan adanya Training tersebut, maka pesantren telah memberikan skill tambahan pada aspek kepemimpinan.

Dalam materinya, Dr Zulkarnain membahas soal Mindful Leadership, ia menjelaskan bahwa Mindfulness merupakan kehadiran dan kesadaran, yang hadir utuh atau kesadaran penuh dalam diri seseorang.

“Mindful leadership adalah melakukan kepemimpinan dengan penuh kesadaran. Seorang pemimpin melakukan segala sesuatunya dengan hati-hati dan penuh kebijaksanaan, sehingga menumbuhkan lingkungan kerja yang sehat,” jelasnya.

Dosen Arsitektur itu menyebutkan sejumlah poin yang masuk dalam Mindful leadership, yakni Self Awareness, Intuition, Public Speaking, Creative, Decision Making, Innovative Leadership, Teamwork Ability, Creative dan Problem Solving.

Menurutnya, seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan yang sifatnya super rasional atau kepekaan matafisik.

“Kadang kala pemimpin dalam mengambil keputusan tanpa melalui proses analisis rasional dan intelektual tapi melibatkan hal yang sifatnya super-rasional (kepekaan metafisik),” pungkas eks Ketua Prodi Arsitektur UIN Alauddin Makassar itu.

Comment