KPS Agroteknologi Unibos dan UPT BPP Kanreapia Gowa Teken IA, Tingkatkan Potensi SDM Lewat Kolaborasi

MEDIAWARTA, MAKASSSAR – Ketua Program Studi (KPS) Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos), Dr. Amirudin, S.P., M.P., menandatangani Implementation Agreement (IA) dengan UPT BPP Pertanian Wilayah Kanreapia, Kabupaten Gowa, pada Kamis (1/8/2024).

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah disepakati sebelumnya dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan.

Penandatanganan IA ini disambut oleh Kepala UPT BPP Pertanian Wilayah Kanreapia, Sahria, S.P., yang turut menandatangani perjanjian tersebut sebagai pimpinan instansi.

Dr. Amirudin menjelaskan bahwa program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang saat ini berlangsung adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), terutama bagi mahasiswa di bidang Agroteknologi.

“PKL ini merupakan salah satu bentuk kerja sama kami dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dr. Amirudin memaparkan berbagai program kolaborasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, termasuk peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran melalui penyusunan lokakarya kurikulum MBKM dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), serta peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dengan menggelar kolaborasi penelitian dan seminar nasional.

Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pengembangan program pengabdian kepada masyarakat melalui kolaborasi dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), serta program pendidikan laboratorium lapangan dan pendidikan lingkungan pertanian terpadu yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kami akan berkolaborasi dalam membuka pendidikan laboratorium lapangan sebagai sumber belajar dan metode mengajar bersama bagi dosen dan mahasiswa, serta membentuk dan mendampingi desa binaan bersama untuk pendidikan lingkungan pertanian terpadu,” tambahnya.

Comment