Lomba Masak Bandeng Day, Jufri Rahman Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, menggelar kompetisi memasak atau Cooking Fun dengan mengangkat tema Bandeng Day. Kegiatan tersebut digelar di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Jumat, 18 Oktober 2024.

Lomba memasak dalam rangka Hari Ulang Tahun Sulsel ke 355 ini digelar dengan dua kategori. Yakni kategori eksekutif antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkompinda Sulsel, serta kategori profesional dengan peserta para chef hotel yang tergabung dalam PHRI Sulsel.

Jufri Rahman mengungkapkan, lomba memasak ini digelar dalam rangka memperingati HUT Sulsel dan menjadi ajang silaturahmi dengan balutan kegiatan yang penuh dengan kegembiraan dan membangun kebersamaan.

“Alhamdulillah kegembiraannya itu kelihatan, kemudian rasa guyub kebersamaan itu betul-betul terbangun,” ungkapnya.

Diangkatnya tema Bandeng Day, kata Jufri Rahman, sebagai bentuk sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan dan sebagai upaya mengajak masyarakat untuk senantiasa mengonsumsi ikan bandeng. Mengingat, ikan bandeng memiliki banyak protein yang baik untuk pertumbuhan otak dan fisik anak-anak dan juga baik untuk wanita hamil dan menyusui.

“Kita berharap nantinya itu akan memasyarakatkan atau membiasakan masyarakat Sulawesi Selatan untuk mengonsumsi bandeng, karena ikan bandeng itu penuh dengan protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan, khususnya pertumbuhan otak anak-anak balita, dan kalau ibu hamil juga mengonsumsi bandeng pada masa kehamilan pertama dan seribu hari pertama kelahiran untuk mereka menyusui, ASI-nya mengandung protein yang cukup, anaknya bisa terhindar dari stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, mengungkapkan, kegiatan ini bagian dari kolaborasi PHRI dengan Pemprov Sulsel dalam rangka HUT Sulsel yang ke 355. Kegiatan ini menjadi momentum bagi PHRI untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan bandeng dan sebagai upaya PHRI dalam mengkampanyekan Gemar Makan Ikan yang menjadi tema kampanye nasional pada Bulan Oktober ini.

“Ini kita gunakan agar masyarakat lebih suka makan ikan daripada daging karena secara bobot ketika orang makan ikan itu proteinnya bagus. Kita pilih bandeng karena bandeng itu, kapan pun ada dan harga sangat terjangkau. Masyarakat harus tahu dengan makan bandeng itu maka orang akan lebih pintar, dengan makan bandeng akan meminimalkan penyakit jantung dengan makan bandeng ketahanan fisik akan bagus, dengan makan bandeng itu akan mengurangi stunting yang sekarang menjadi isu nasional,” ungkapnya.

Dengan begitu, Anggiat berharap kepada seluruh hotel dan restoran di Sulsel untuk dapat menjadikan ikan bandeng sebagai menu utama yang harus ditawarkan kepada para tamu.

“Jadi kita juga berharap kepada seluruh hotel-hotel dan restoran menu bandeng itu adalah sesuatu yang jadi menu utama yang ditawarkan. Rata-rata sekarang yang ditawarkan adalah sop buntut, steak. Gak usah. Larikan aja ke bandeng. Seperti tadi kita buat nasi goreng bandeng. Hari ini kita coba gas full seluruh hotel akan memiliki menu bandeng,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arief Fakrulloh bersama istri Ninuk Triyanti Zudan dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman didampingi istri Melani Simon Jufri, turut menjadi peserta lomba memasak dengan membuat olahan nasi goreng.

Prof Zudan menamakan menu nasi gorengnya ‘Nasi Goreng Kerukunan’ dan berhasil menjadi juara dalam lomba tersebut. Sementara Jufri Rahman meraih juara dua setelah membuat olahan. Nasi goreng dengan nama yang unik, yakni Nasi Goreng Camidu (Catat Mi Dulu).

Adapun pemenang lomba kategori eksekutif dan Forkompimda, yakni Juara 1 Pj Gubernur Sulsel, Juara 2 Sekda Sulsel, Juara 3 Kabekangdam XIV/HSN, Harapan 1 Komandan Satuan Brimob, Harapan 2 Kepala Kejaksaan Tinggi dan juara Harapan 3 Ketua BPD PHRI Sulsel. (*)

Comment