Pertamina Patra Niaga Pastikan Ketersediaan LPG 3 Kg di Sulsel Aman Selama Idul Adha 1445 H

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui unit bisnisnya, Retail Sales Area Sulawesi Selatan dan Barat, telah melakukan penambahan stok LPG 3 Kg guna mengantisipasi peningkatan konsumsi selama Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Penambahan stok ini tersebar di 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.

Henry Eko Purwanto, Sales Area Manager Retail Sulawesi Selatan dan Barat, menjelaskan bahwa penambahan ini ditujukan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi saat Idul Adha

“Kami melakukan extra dropping sekitar 256 ribu tabung, khususnya untuk sektor usaha mikro dan rumah tangga miskin yang membutuhkan LPG 3 Kg untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Idul Adha dan libur panjang,” ujar Eko.

Secara rinci, Eko menyebutkan bahwa tambahan stok LPG 3 Kg tersebar di 24 kabupaten dan kota, termasuk Kota Makassar sebanyak 29 ribu tabung, Kota Parepare sebanyak 7 ribu tabung, dan Kota Palopo sebanyak 10 ribu tabung. Kab. Bantaeng mendapatkan 7 ribu tabung, Kab. Barru 8 ribu tabung, dan Kab. Bone 21 ribu tabung, serta beberapa daerah lainnya dengan jumlah yang sesuai kebutuhan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menjelaskan bahwa suplai LPG di Sulawesi Selatan didukung oleh 188 Agen Public Service Obligation (PSO) dan 81 Agen Non PSO. “Total pangkalan lebih dari 12.000 Pangkalan LPG 3 Kg dan 1.700 Outlet LPG Non PSO siap memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Fahrougi juga menekankan pentingnya pengawasan dalam distribusi LPG 3 Kg yang merupakan barang subsidi, khusus untuk pengguna sektor rumah tangga, usaha mikro, petani sasaran, dan nelayan sasaran.

“Selain LPG 3 Kg subsidi, Pertamina juga memiliki produk non subsidi, yaitu Bright Gas 12 Kg untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Fahrougi menghimbau masyarakat untuk membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi.

“Kami menghimbau konsumen untuk membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi, karena harga yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), kuantitas terjaga, dan masyarakat tidak perlu panic buying atau melakukan pembelian berlebih. Kami memastikan stok aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idul Adha,” ungkapnya.

Dengan adanya penambahan stok ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan selama Hari Raya Idul Adha 1445 H tanpa kendala. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam memastikan ketersediaan energi bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama pada saat-saat penting seperti hari raya.

Comment