Ilustrasi Tertawa. Foto : Int

Kenapa Kita Harus Tertawa?

MEDIAWARTA.COM, Semua orang tahu kalau tertawa membuat hidup seseorang lebih panjang karena tertawa ternyata bagus buat kesehatan manusia. Ada penelitian yang mengatakan kalau anak kecil tertawa sekitar 300 kali dalam sehari sedangkan orang dewasa hanya sekitar 15 kali. Padahal tertawa itu banyak manfaatnya buat orang dewasa. Inilah alasan-alasan kenapa kita harus tertawa lebih banyak diumur yang sekarang.

Bikin Awet Muda

Foto : Int
Foto : Int

Banyak yang tidak mau sering-sering ketawa lebar karena mereka berpikir kalau tertawa atau bahkan senyum itu bisa bikin kerutan muncul di wajah. Padahal faktanya tidak selalu begitu. Ketika tersenyum atau tertawa otot-otot di wajah akan semakin kuat bahkan aliran darah di wajah akan semakin baik. Dan lebih hebatnya lagi, bukan hanya sebagai penguat otot wajah, tertawa juga berfungsi memperlambat penuaan dan menjadikan wajah semakin sehat.

Bring The Good Mood

Foto : Int
Foto : Int

Ketika tertawa otot-otot wajah memberikan rangsangan kepada sistem syaraf dan otak. Itulah yang diperlukan kalau lagi bad mood. Ketika otak mendapatkan rangsangan saat tertawa tentu akan membuat otak memengaruhi mood menjadi bagus. Makanya kata orang kalau lagi bete coba tersenyum dan ketawa, biasanya lumayan ampuh buat mengusir bad mood. Dan ternyata hanya dengan satu menit tertawa sama dengan 45 menit melakukan relaksasi atau meditasi untuk menenangkan pikiran.

Memperkuat Sistem Imun

Foto Int
Foto Int

Peneliti modern berpendapat bahwa tertawa bisa memperkuat sistem imun manusia untuk melawan virus penyakit. Tertawalah sesering mungkin, terutama ketika kedinginan karena hal itu bisa meningkatkan imunoglobulin A yaitu antibodi yang sangat penting untuk proses pernapasan dan pencernaan. Tertawa juga meningkatkan sirkulasi paru-paru dan menurunkan tekanan darah juga gula darah.

Mengurangi Rasa Sakit

Foto : Int
Foto : Int

Terapi tertawa sangat terkenal di seluruh dunia, tapi kayaknya di Indonesia belum begitu. Di India mulai berkembang yoga-tawa yang memadukan latihan pernapasan dari yoga tradisional, pemanasan dan latihan tertawa. Walaupun begitu, bukan berarti tertawa bisa menyembuhkan penyakit kronis, tapi paling tidak tertawa bisa mengurangi rasa sakit dari efek obat yang diminum.

Mempercantik Bentuk Tubuh

Foto : Int
Foto : Int

Tidak hanya untuk memperkuat otot wajah, tertawa juga bisa jadi massage yang bagus buat organ internal manusia. Bayangkan saja, saat tertawa ada 80 otot-otot bekerja. Ini baik buat perkembangan bentuk tubuh. 1 menit ketawa sama efeknya kayak 15 menit bersepeda.

Mempererat Hubungan

Foto : Int
Foto : Int

Para psikolog mengatakan bahwa canda tawa bisa mempererat hubungan orang-orang dan mengurangi aura negatif. Hanya dengan melihat orang tertawa, mood seseorang akan semakin baik. Dengan begitu pun hubungan dengan orang lain tentu akan semakin baik juga.

Memperpanjang Umur

Foto Int
Foto Int

Peneliti dari Albert Einstein College dan Yeshiva Univerity menemukan bahwa beberapa sifat manusia seperti optimisme, ketenangan dan kegembiraan adalah bagian dari faktor umur yang panjang. Kebanyakan orang yang umurnya lebih dari seratus tahun percaya bahwa tertawa adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan itulah yang membuat mereka mencapai umur itu. Selain itu, doktor-doctor di Swedia memperoleh hasil penelitian bahwa komedian memiliki taraf hidup yang panjang karena sering tertawa.

Komentar

Check Also

Gubernur Nurdin Abdullah : Jadikan Pilkada 2020 Ajang Adu Program

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) …

Share This
Mediawarta