Buka Pendaftaran Jalur Mandiri, Ada 8 Kategori di Poltekpar Makassar

Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar membuka Seleksi Masuk Mandiri (SMM).

Secara resmi dilauching oleh Direktur Poltekpar Makassar, Drs Muhammad Arifin, di Auditorium Soesilo Soedarman Kampus Poltekpar, Rabu (24/5/2023).

“Tema SMM ini Pendidikan Berkualitas akan menghasilkan SDM unggul yang memiliki mindset, karakter, skill, global competition serta new literasi,” kata Drs Muhammad Arifin.

Ia menyebutkan, pendaftaran jalur SMM terbuka hingga 15 Juli mendatang. Dalam jalur SMM, ada 8 kategori yang bisa dipilih calon mahasiswa Poltekpar Makassar.

“Dari jalur SMM terdiri 8 kategori. Pertama kategori umum terbuka bagi seluruh alumni SLTA. Kemudian kategori prestasi, ini terbuka umumm,” tutur Muhammad Arifin.

“Dengan kolaborasi dan kolaboraksi, maka kami buka kategori kerjasama, wirausaha, prioritas pariwisata, dudika, pemberdayaan masyarakat dan RPL-DPA,” lanjutnya.

Untuk proses pendaftaran, ada tiga tahapan yang mesti dilalui. Dimulai dengan seleksi berkas sesuai ketentuan. Kemudian masuk ke sesi wawancara secara offline.

“Ketiga pemeriksaan kesehatan berdasarkan program studi,” jelas Drs Muhammad Arifin.

Alokasi mahasiswa baru jalur SMM bisa menempati 40 persen kursi di Poltekpar Makassar. “Distribusi kuota yang disepakati bahwa 60 persen lewat SBM (Seleksi Bersama Masuk) dan 40 persen SMM,” ungkapnya.

Diketahui, proses pendaftaran SBM Poltekpar Makassar, masih terbuka hingga 27 mei 2023 mendatang.

Usai mendaftar, maka calon mahasiswa akan mengikuti proses seleksi melalui ujian pada 7 Juni 2023 nanti. Diketahui, Poltekpar Makassar menyediakan kuliah jenjang Diploma 3 dan Diploma 4.

Dari diploma 3 ada prodi Divisi Kamar, Perjalanan Wisata, Seni Kuliner dan Tata Hidang.

Sementara Diploma 4 ada Destinasi Pariwisata, Pengelolaan Perhotelan, Usaha Perjalanan serta Pengelolaan konvensi dan acara.

Turut hadir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, secara daring.

Comment